Tanpa Sadar Berbohong Pada Anak

“Mas, anakku kok susah diberitahu ya… ? Dia tidak pernah mendengar nasehat  saya, bahkan seringkali melawan. ” Seorang teman bertanya sekaligus curhat.  Saat kami berdua sedang asik duduk di beranda rumah,  menikmati aroma tanah  tersiram air hujan untuk kali pertama.

Aku terdiam. Kuambil segelas kopi yang terhidang diatas meja. Meminum seteguk untuk mencari kenikmatan dan  menghangatkan badan. Kemudian saya menjawab, “kalau anakmu suka berbohong, itu berarti anakmu. Kalau anakmu jujur, berarti bukan anakmu. Hehehe….” Kujawab dengan sedikit berkelakar.

Dia kaget mendengar jawabanku. Dihisapnya rokok sebatang yang menyelip diantara jari manis dan jari tengah. Setelah menghembuskan asap bercampur racun itu, dia bertanya, “kok iso ngono sih ? Kok kesimpulanmu seperti itu mas ?”

“Ya iya lah…,” jawabku sedikit memberi penegasa.  Kamu kan suka berbohong.  Kamu sadari atu tidak, kamu sering berbohong dehadapan anak anak dan istrimu. Artinya, kamu mengajari mereka  berbohong, bahkan  setiap hari.

“Lho…, kapan aku ngajari anakku berbohong ?”

Coba saja kamu pahami, kamu melarang anakmu merokok. Kamu bilang rokok itu jelek buat kesehatan. Anak anak tidak boleh merokok.  Namun, nyatanya kamu setiap hari klepas klepus dihadapannya. Tanpa perasaan.

Tentu saja anakmu bingung. Ucapanmu bertolak belakang dengan kelakuanmu. Kamu berusaha mati matian melarang anakmu merokok dengan berjuta argumentasi. Tapi disaat yang bersamaan, kamu menikmati lintingan tembakau itu dihadapan mereka.

Kamu pernah memikirkan apa yang mereka pikir tentang ayahnya ?

Kelak, beberapa tahun yang akan datang anakmu pasti merokok. Jika dia tidak merokok, maka harus dipertanyakan, dia anak siapa. Karena, anak akan menirukan apapun yang diperbuat orang tuanya. Tidak akan pernah mungkin, anakmu akan menirukan apa yang aku ucap dan perbuat. Apalagi, anakmu ketemu saya setahun sekali aja belum tentu.

 

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Motivasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s