Banyangkan Jika Anakmu Tak Pernah Bernyanyi

Bayangkan sebuah dunia tanpa musik. Apa jadinya ? Barangkali manusia kehilangan jiwa. Jika itu terjadi, apa makna kehidupan bagi kita  ?

Bayangkan tak pernah ada alunan  lagu dirumah. Bayangkan anak anakmu tak pernah sekalipun bernyanyi. Sepi…, sunyi… Aku yakin tak kan ada kebahagiaan.  Lalu, idiom “Rumahku istanaku dan rumahku surgaku” hanya kenangan tuk segera terlupa.

Tak heran jika filsuf besar pernah berujar, musik adalah landasan moral. Musik memberi jiwa untuk semesta, sayap untuk imajinasi dan gairah untuk menjalani segala hal dalam hidup.

Adalah satu fakta  bahwa orang orang yahudi lebih suka mengantar anak anak  ke sekolah musik sedini mungkin.   Orang orang  tionghoa memilih mengenalkan dunia perdagangan sedini mungkin dengan mengajak anak anak mereka bermain di  di toko. Aku sendiri lebih suka mengenalkan anak qosidah dan sholawatan dibantu alat musik modern.

Hidup adalah pilihan. Tak ada yang salah terhadap pilihan yang kita ambil selama itu demi tumbuh kembang dan masa depan anak.

Musik sangat bermanfaat buat tumbuh kembang anak. Dengan memainkan salah satu alat musik dan bernyanyi, mengajarkan anak untuk mampu memaksimalkan otak kanan dan kirinya.  Logika dan emosi, seni dan analisa, kreativitas dan obyektivitas bisa dirangsang dan berimbang.

Harus diingat bahwa, belajar musik tidak identik dengan gaya hidup. Mengenalkan  alat musik dan memainkannya  bukan berarti membentuk karakter hedonisme. Musik dan artis, musik dan selebritis adalah dua hal yang jauh berbeda.

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Banyangkan Jika Anakmu Tak Pernah Bernyanyi

  1. lazione budy says:

    Dunia diciptakan dengan ‘nyanyian’ setidaknya itu kata CS Lewis di dunia Narnia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s