Kebahagiaan Itu….

Hari masih pagi. Suara anak anak SD  bersholawat terdengar sangat jelas.  Bukan berisik, malah menjalarkan api semangat untuk menyongsong esok penuh harapan.  Alunan penggalan kitab suci menemani aku dan Kiky menonton serial film anak Jakes  and Never Land Pirates di chanel Disney Junior.

“Kapten Hooknya marah marah melu ya pak ? Marah ama Jakes.” Anakku berkomentar. Aku tersenyum dan mengangguk. “Kapten Hook tidak bahagia sih nduk …” Jawabku. Kami pun tenggelam kembali ke serial di layar kaca.

Mengenai kebahagiaan, benar kata orang bahwa “kebahagiaan itu sederhana, yang rumit adalah tafsirnya.”

Syarat utama kebahagiaan adalah kesehatan, baik jasmani maupun rohani, jiwa dan raga. Tanpa keduanya orang tak mungkin disebut bahagia. Hanya sakit gigi saja, orang tak akan mampu merasakan lezatnya makanan terhidang. Bahkan untuk tidur pun susah.  Apalagi jika tidak sehat ruhani.  Kata kebahagiaan semain susah didapat.

Selain kesehatan, wisdom sangat dibutuhkan utuk memahami orang lain.  Hanya kearifan yang mampu menghantarkan manusia untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Yang boleh jadi akan berseberangan dengan pendapatnya.  Wisdom mendidik seseorang  untuk mampu berempati dan menyelami penderitaan atapun kekurangan orang lain. Tanpa mencela apalagi merendahkan.

Hanya pemilik  kearifan yang mampu memahami bahwa ciptaan Tuhan adalah sempurna. Tak ada satupun ciptaan Tuhan yang gagal. Semua memiliki maksud dan tujuan tertentu. Apapun itu, pasti baik untuk kehidupan  manusia.

Terakhir adalah giving, kemampuan orang untuk berbagi dengan sesama.  Berbagi ilmu bagi orang cerdik pandai. Berbagi harta bagi kaum berlebih.  Berbagi apa saja yang kita bisa berikan untuk saudara kita yang membutuhkan.

Sehat, kearifan dan berbagi selayaknya kita miliki sebagai ummat terbaik yang diciptakan Tuhan di muka bumi.

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Kebahagiaan Itu….

  1. jampang says:

    semoga kita bisa berbahagia…. aamiin.

  2. Itu Jake and Neverland Pirates tontonan fav anak2 saya juga pak. Memang kapten Hook kaum jones sih jadi gak bahagia, sudah waktunya menikah kali..hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s