Coretan Anak Pada Tembok Penuh Makna

Anak balita, dimanapun itu, selalu suka melakukan aktivitas “coret mencoret”. Boleh jadi, krayon dan pulas adalah hal baru yang membuatnya tergerak untuk mengetahui. Atau mungkin juga karena dominasi otak kanan yang  menggerakkannya untuk berekplorasi.

Maka, bukan hanya tembok rumah yang penuh dengan coretan. Tempat tidur, baju, meja dan  buku menjadi media  lukisan benang kusut. Mungkin anda beranggapan bahwa gambar gambar itu tiada bermakna.  Sebenarnya, coretan coretan  itu mampu menjelaskan  kondisi emosi anak saat itu.

Peneliti dan psikolog anak mengatakan bahwa gerakan tangan anak saat mencorat coret sebenarnya adalah visualisasi gerakan otak. Jadi, saat anak menggambar di atas kertas atau tembok, sebenarnya ia sedang menuangkan apa saja  yang ada didalam pikirannya.

Sekilas memang hanya proses gerakan tangan semata.  Namun sebenarnya itu  menggambarkan kondisi emosionalnya. Apakah  sedang dalam kondisi nyaman, happy, tenteram, penuh cinta, atau justru sedang marah, bahkan memendam dendam.

Sekali waktu, cobalah amati coretan coretan yang dibuat anak anak.

Menurut ilmu grafologi ( dalam bukunya Femi Olivia berjudul  “Merangsang Otak Anak Dengan Corat Coret”), paling tidak ada empat tipe sketsa dominan yang dibuat anak. Yaitu, lingkaran, kotak, segitiga dan garis lekuk lekuk (spiral).

Mungki juga dalam suatu waktu, anak membuat membentuk beberapa dominan sketsa. Namun, akan selalu ada dominasi diataranya.

Bila gambar anak didominasi bulatan atau lingkaran, biasanya kondisi emosi anak stabil.  Hal ini didapat karena anak dibesarkan dalam gelimang cinta dari kedua orang tuanya. Karakter anak tipe ini biasanya penuh kasih sayang dan cinta. Mudah berinteraksi sosial, perhatian,  suka menolong dan  penuh empati.

Bila gambar anak didominasi segitiga ,biasanya kondisi   emosi sedang labil. Mungkin karena anak kurang kasih sayang dan cinta dari kedua orang tuanya. Mereka mudah marah, kecewa dan emosional. Dalam kondisi ini, sebenarnya anak sangat membutuhkan perhatian.

Bila gambar anak didominasi kotak, biasanya kondisi anak mirip dengan dominasi anak menggambar segitiga. Namun tingkat kekesalannya lebih rendah.

Bila gambar anak didominasi coretan campur baur dan  spiral, berarti anak sangat mendambakan kebebasan.

Nah…, sudahkah kita perhatiakan gambar anak anak kita ? Dominasi apakah mereka ?

@lambangsarib

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo www.csmcargo.com

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in inspirasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Coretan Anak Pada Tembok Penuh Makna

  1. miartmiaw says:

    Next, harus lebih peka nih saat menemukan coretan di tembok🙂 kalo sudah dewasa begini, sketch book jadi media katarsis yang efektif :p

  2. kalau garis panjang artinya apa pak bos..???

  3. Saya pernah ikut seminar parenting anak, Ada anak yang menggambar apapun dengan warna hitam. Ternyata ia trauma akibat kebakaran

  4. metamocca says:

    kalo Dedek lebih dominan gambar bulatan. kalo keke campuran kotak dan bulatan. dede masih seperti benang kusut. kalo keke lebih rapi.

    katanya warna yang dipilih juga ada artinya ya, Om?

  5. genthuk says:

    mencoba mengingat-ingat, dulu saya sering gambar apa an ya? kayaknya paling banyak gambar gunung dech

  6. tinsyam says:

    paling happy gambar bebas..

  7. abi_gilang says:

    Coretan akbar masih berbentuk garis-garis benang kusut, kira2 artinya apa ya?🙂

  8. punyaliana says:

    salam kenal..
    Blogwalking kesini dapet dari blog nya mbak nella..

    comment:
    wah,, entar klo aq punya anak, kudu di perhatikan nih coretan nya,
    bukan di perhatikan tembok nya smbil ngedumel.. (hadeuuuuh harus ngecat lagih)

  9. beemukaromah says:

    Huaaaa…. saya rasanya udah lama banget nggak coret2 di postingan om sarib D)
    tapi itu berlaku untuk anak kecil aja om ? atau bisa juga untuk orang dewasa, kadang saya kalo lagi bosen (dengerin pidato, lagi nunggu) juga coret2 di buku, kebanyakan gambar2 gak jelas gtu, hehheee

  10. jampang says:

    waktu usia dua tahun…. anak saya suka gambar sketsa mirip orang, yang jelas kepalanya udah berbentuk lingakaran, cuma tangan, badan, dan kakinya masih berbetuk garis lurus

    ini hasil coretan anak saya
    http://jampang.wordpress.com/2010/11/25/pelukis-kecil/

    salam kenal, mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s