Origami Merangsang Kecerdasan Otak Kanan Anak

“Wah…, buku ini bagus nduk. Ini buku menceritakan  tentang Nisa yang sedang  belajar  membuat kue ulang tahun. Yuk kita beli buku ini yuuk, setelah itu baru mencari buku bapak. Nanti sampai dirumah bapak bacain ya… ?”

“Iya pak…,” jawab anakku singkat. Lima jemari mungilnya  masih tetap melingkar di jari kelingkingku. Ia tersenyum dan  menganggukkan kepala tanda setuju.

*

Sesampai dirubah, kami bertiga  langsung  duduk  diatas karpet plastik bergambar mickey mouse. Aku, istri dan anakku mengambil posisi  bersila, membentuk lingkaran mengelilingi  barang  bawaan  yang baru saja kami beli.

Ada tiga buah tas plastik bertuliskan “Gramedia” siap dibuka. Satu demi satu pembungkus plastik dirobek. Wajah anakku tampak berseri, matanya pun ikut  berbinar, memandang isi dari setiap  kantong.

“Nah, ini buku bapak nduk. Buku ini berisi cara cara  membuat mainan dari kertas,” kataku menerangkan.

Saat membuka  lembar demi lembar buku tipis itu, anakku tampak sangat antusias, menikmati gambar gambar yang terpampang. Satu persatu foto aku tunjuk. Sambil mencoba merangkai kata untuk  menjelaskan dengan bahasa sederhana.

“teng teeeng….., nih…, kodoknya dah jadi nih….” Istriku menyela. Disaat bersamaan, disodorkannya sebuah “origami katak”.

Ternyata istriku mampu membuat origami katak  tanpa perlu mencontoh dari buku yang sedang kubaca. “Luar biasa ! Terimakasih bu…,” gumamku dalam hati.

“Tuh nduk…, ibuk pinter ya…? Kodoknya sudah jadi,” kataku menguatkan.

Anakku tak menjawab. Namun, senyuman yang mengembang terlihat sangat jelas. Menandakan bahwa ia berada pada puncak kebahagiaan.

Tak lama kemudian anakku berdiri, berjalan perlahan menuju lemari kecil di sudut ruangan. Tempat dimana ia simpan seluruh mainan dan buku buku. Tangannya tampak mengambil sesuatu.

Saat kembali duduk di tempat semula, barulah aku tahu bahwa ia tadi mengambil alat gambar. Beberapa buah krayon berwarna warni  kini ada digenggaman.

Tangan kirinya menggapai  origami kodok. Meletakkan tepat dihadapannya. Dan kini ia siap  beraksi.

Satu persatu krayon dipulaskan pada kertas lipat tersebut. Berwarna warni. Ada warna merah, ungu, kuning, hijau dan biru. Akhirnya, kertas putih pun penuh warna pada setiap sudut.

Origami Katak

Aku terdiam menyaksikan ini semua. Dalam hati aku mengucap syukur pada Tuhan, atas segala limpahan kebahagiaan lewat anak kami.  Dari sudut mata, bisa kulihat  istriku pun terdiam, matanya tak berkedip mengikuti  irama gerak  krayon di jemari anaknya.  Sorot mata itu  jelas jelas mengabarkan  kebahagiaan.

*

Sobat Anak,

Seni kreasi melipat kertas yang dikenal sebagai “ORIGAMI” adalah sebuah seni kreativitas yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang otak anak. Seni ini mampu melatih daya imajinasi, kreasi, kesabaran, keuletan dan kecerdasan. Mengasah  kemampuan motorik, serta merangsang  kecerdasan otak kanan.

Melalui mainan murah dan edukatif ini diharapkan anak tumbuh  menjadi generasi yang cerdas dan inovatif.

@lambangsarib

.

Butuh jasa cargo murah ? www.csmcargo.com via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Origami Merangsang Kecerdasan Otak Kanan Anak

  1. Inilah kodok pelangi🙂

  2. Ilmu origami saya terbatas. Paling bisa buat kapal, pesawat, topi dll. Pokoknya yang standar aja

  3. abi_gilang says:

    Ternyata bukan cuma rainbow cake tapi rainbow origami juga ada:mrgreen:

  4. tinsyam says:

    kodoknya salah, kaki belakangnya kurang dilipat.. *guruorigamiyangomongini..

  5. sendairawanpratono says:

    Dulu saya sering buat bintang dari kertas terus main ninja sama teman-teman. Yang paling sering buat miniatur katak yang bisa digerakkan bibirnya kayak boneka susan (edisi nostalgia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s