Kenali Salah Satu Potensi Kecerdasan Anak

Dewasa ini, terlebih di kota kota besar. Dalam konteks kehadiran dan mendidik anak, orang tua seakan kehilangan anak dan anak kehilangan panutan. Ini semua karena masalah “klise”, yaitu tuntutan profesi dan  pekerjaan.

Orang tua “dipaksa”  berangkat kerja sebelum anak anak bangaun dan pulang kerumah saat mereka sudah tidur. Praktis, interaksi antara  anak  dan orang tua “yang sebenarnya” hanya bisa dilakoni setiap akhir pekan dan hari libur.

Sementara di hari kerja, anak anak  bagai layang layang yang terputus. Terbang bebas tanpa kendali. Mengikuti   kemanapun arah   angin bertiup. Bagai perahu ditengah samudera,  terombang ambing oleh ombak  lautan, tanpa nahkoda dan biduk. Bahkan tak tahu kemana arah dan tujuan hendak dituju.

Keterbatasan akan  waktu, tentu saja membuat  orang tua  kesulitan dalam mengenali potensi kecerdasan anak anak mereka. Padahal, pengenalan itu sangat penting buat bekal anak di kelak kemudian hari.

Menurut Gardner, Kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang memiliki nilai budaya. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang yang berbeda dan bervariasi. Kecerdasan adalah “preferensi”. Kecerdasan adalah pilihan bebas setiap individu yang tak mungkin dipaksakan.

Paling tidak ada delapan macam kecerdasan yang dikenal.  Bekerja besama sama secara kompleksm berjamaah dan saling mempengaruhi. Kedepalan jenis kecerdasan tersebut adalah :

Berbicara mengenai kecerdasan anak, saya sangat  tertarik sebuah  riset yang dilakukan oleh sahabat saya, Bukik Setiawan beserta rekan. Diantaranya  adalah blog  temantakita.com.  Buah pikiran dari hasil survery ini sangat bagus. Paling tidak bisa digunakan   untuk menjawab pertanyaan tentang “mengapa orang tua sulit mengenali potensi kecerdasan anak mereka”.

 

.

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

14 Responses to Kenali Salah Satu Potensi Kecerdasan Anak

  1. abi_gilang says:

    Tambah ilmu lagi nih dari sini🙂 tapi juga tambah merasa bersalah pada anak2😦 terima kasih bagi2 ilmunya Pak.

  2. kebomandi says:

    that’s why I wanna be a full time mother🙂

  3. tinsyam says:

    udah jadi pakar anak nih..

  4. ada yang bilang itu kita ini hidup masih dibawah potensi yang kita miliki… jika digali, sesungguhnya banyak potensi yang tidak termanfaatkan… untuk itu, sudah saatnya mengenali potensi anak untuk kita asah sebagai bekal mereka kelak…
    salam

  5. lieshadie says:

    Pak Lambang sukses dalam menulis dan mendidik buah hatinya…salut Pak..!

  6. Dyah Sujiati says:

    Jadi?
    Yang diteskan apanya ni pak?

  7. Pingback: Apakah Sistem Pendidikan Saat Ini Menghasilkan Generasi Korup ? | Lambangsarib's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s