Tanpa Imajinasi Tak Mungkin Anak Berkarya

Sepulang dari musholla di samping rumah, aku rebahkan  tubuhku yang penat dikursi panjang. Sekedar untuk melepas lelah dan menghempaskan  kepenatan hidup setelah seharian bekerja.

Segelas teh hangat sudah tersedia diatas meja. Dari gelas yang digunakan, aku  faham bahwa minuman itu adalah buatan istri,  khusus buatku. Tanpa perlu konfirmasi lagi, kunikmati teh wasgitel (wangi, sepet. legi dan kenthel) asli Tegal ini.

“Hm…, nikmatnya teh ini. Terimakasih istriku. Kau hadirkan surga di awal petang ini,” Gumamku dalam hati.

Ditambah beberapa kerat tempe goreng hangat, lengkaplah sudah kebahagiaanku. Aku harus berterimakasih pada Tuhan, karena memilihkan istri yang mampu menghadirkan “suasana syurga” dirumah.

Saat  kuteguk teh hangat untuk kedua kalinya, kulihat anakku berlari mendekat.

Dia sodorkan sebuah buku gambar. Berusaha memamerkan  oret oretan hasil karyanya. Guratan  pensil berwarna nampak jelas diatasnya. Ketebalan dan pola garis yang  terbentuk, aku tahu bahwa itu gambar anakku.

Kutaruh gelas yang masih berada di tangan kananku perlahan. Pada saat bersamaan, kulemparkan sebuah kata pujian, “wah bagus nduk…, gambar apa ini nduk ya… ?”

“Ini gambar obil pak…” Jawab anakku penuh keyakinan.

Aku terkesima. Kuarahkan lagi pandanganku kearah buku gambar. Kuamati untuk beberapa saat lamanya. Hingga, aku tersenyum sendiri ketika mampu menangkap makna gambar tersebut.

“Ini apa nduk ?” tanyaku, pura pura tidak paham.

“Pintu kaca  pak…, dua pintu kaca.” Anakku menjawab dengan  penuh keyakinan. Jari telunjuknya menyentuh oret oretan yang berada epat di tengah tengah  obyek. Kemudian satu persatu ia jawab seluruh pertanyaanku, sekaligus mencoba menerangkan.

Dalam gambar itu, paling tidak ada tiga buah roda yang dia sebut sebagai kaki mobil. Kemudian ada pantat mobil, mungkin yang dimaksud adalah knalpot. Sepasang lampu mobil diidentikkan dengan  dua buah mata.  Serta mulut,  yang terletak diantara dua buah mata.

Sobat anak,

Imajinasi sangat penting dalam proses kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Dorong selalu anak untuk berimajinasi. Karena itu  awal dari kreativitas. Tanpa imajinasi, tidak mungkin seorang anak berkarya.

Biarkan anak berkelana dalam imajinasinya. Biarkan imajinasi anak bebas mengelana, liar bagai binatang di hutan belantara. Karena dengan itu, anak anak mendapatkan kecerdasan.

@lambangsarib

.

Butuh jasa cargo murah ? www.csmcargo,com via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s