Jika Anak Tidak Pernah Ditakut Takuti, Kelak Ia Tumbuh Menjadi Seorang Pemberani

Beberapa hari yang lalu, saya ajak anak berbelanja di  salah satu pusat perbelanjaan.  Tak sengaja, pada saat yang bersamaan ada pameran beraneka jenis binatang liar. Akhirnya kami pun habisnkan waktu untuk menikmati  kerjadian  langka tersebut.

Aku ambil kereta mobil mobilan untuk anakku, dan memintanya naik. Pada saat bersamaan, aku  pegang seekor  biawak pada ujung ekornya. Ternyata binatang tersebut tidak berontak ataupun melawan.

“Wah ini kesempatan baik buat anakku, menggenalkan kelembutan satwa liar” fikirku.

Aku teringat pada kata seorang sahabat, ia pernah berujar, “jika anak tidak  pernah ditakut takuti, kelak ia menjadi seorang pemberani.”

Aku tarik lagi ekor biawak yang panjang menjulur, menggenggam  dan meberikannya pada anakku. “Nduk, ini pegang. Hewannya bagus yah…? Nih, pegang ekornya, bermain mainlah dengannya.”

Bermain biawakSejenak ia tampak ragu. Matanya tajam menatap mataku. Aku pun membalas dengan anggukan. Sekali lagi aku katakan padanya agar tidak takut. Memberinya semangat dan motivasi agar tak ragu ragu untuk memegang.

Akhirnya ia pun setuju,  memegang serta  memainkan ekor biawak liar tersebut. Ada sedikit kebanggaan tertoreh di hati. Kebanggaan yang tak terucap, kebanggaan yang disertai kebahagiaan.

***

Sobat blogger, jangan sekali kali menakut nakuti anak dengan sesuatu. Baik itu kegelapan, binatang atapun yang lain. Jika kita sering menakut nakutinya, maka kelak ia akan tumbuh menjadi seorang pengecut.

Sebaliknya jika kita selalu memotivasi  dan menjauhkan kata “takut”, kelak ia akan tumbuh menjadi seorang yang tangguh dan berani mengambil resiko.

Orang besar adalah orang orang  yang berani, terlebih lagi keberanian untuk mengambil resiko.

@lambangsarib-

.

Butuh jasa cargo murah ? klik www.csmcargo.com atau via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Jika Anak Tidak Pernah Ditakut Takuti, Kelak Ia Tumbuh Menjadi Seorang Pemberani

  1. Sungguh ini pengajaran yang sangat bagus. Dan saya setuju.

    Kiky anak hebat dan pemberani. Semoga kelak menjadi pelindung keluarga dan bangsa, menjadi pemimpin yang baik dan amanah. aamiin.

  2. maghdalena1 says:

    setuju kang…
    nice post

  3. debapirez says:

    Pesan yg dalam utk saya. kadang saya suka menakuti anak saya dgn kegelapan😦

  4. tinsyam says:

    daku sejak kecil udah main sama tikus ular monyet anjing kucing ayam kodok jadi ya ga takuttakut amat setelah gede.. tapi ga pernah nakutin orang, jadi sebel waktu temen kost nakutnakutin pake ular, ku pegang aja tuh ular lempar ke dia, dianya lari..
    kiki jadi pemberani ya sekarang..

  5. Erit07 says:

    Hehe,sip pak atas ajarannya..

  6. omluqman says:

    Wah setuju banget nih. Anak saya, Altair, sering tidak sengaja nonton TV yang kebetulan ada gambar pocong. Istri saya cuma bilang “Oh, itu orang mukanya putih” tanpa ada kata “hiiiy” atau “serem” yang menyertainya. Hasilnya sampe sekarang dia liat gambar tengkorak, pocong biasa-biasa aja.

  7. genthuk says:

    ilmu dari pengalaman memang the best

Leave a Reply

