Apa Yang Harus Perusahaan Lakukan Agar Karyawannya Berhenti Merokok ?

Sobat blogger, alhamdulillah saya dipercaya Tuhan memimpin sebuah perusahaan jasa cargo. Terus terang, saya sedikit keras jika berhubungan dengan prinsip yang saya yakini sebagai sebuah kebenaran. Contohnya adalah berkenaan dengan  merokok.

Jika ada karyawan kedapatan merokok di dalam kantor, maka dengan ringan hati saya memberhentikannya dengan hormat. Sampai saat ini, peraturan itu difahami dengan baik oleh seluruh karyawan. Tak ada seorangpun yang berani merokok didalam kantor.

Problemnya adalah, walau di kantor tidak merokok, mereka umumnya  masih  mengkonsumsi  diluar kantor. Padahal yang saya harapkan adalah mereka berhenti merokok, bukan jeda merokok.

Sobat blogger, adakah yang memiliki ide atau pendapat agar karyawan tidak hanya berhenti merokok saat  di kantor, melainkan  juga berhenti merokok selamanya ?

Terimakasih sebelumnya.

—@lambangsarib—

.

Butuh jasa cargo murah ? www.csmcargo,com via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Apa Yang Harus Perusahaan Lakukan Agar Karyawannya Berhenti Merokok ?

  1. Andi Perdana says:

    agak susah pak lambang, mungkin dengan memberi reward atau insentif jika dia bisa berhenti merokok🙂

  2. Masya says:

    om, biasanya itu kesadaran dari tiap orang untuk berhenti atau tidaknya. Mungkin permen karet bisa membantu tak merorok saat kerja adalah dengan menghunyah permen karet

  3. Maaf pak, belum ada ide. Reward juga sering tak mempan. Diam2 tetap merokok

  4. utie89 says:

    Hhhh…. Habis kata lah om. Tak tahu lagi harus bagaimanaa.. Capek sendiri dan jadi mbatin kalau menghadapi perokok.. -_-”

    tapi mungkin bisa dengan memberikan penyuluhan rutin om.

    Mungkin saja ada yg sebenernya tidak tahu tentang ruginya konsumsi rokok, siapa tau aja dia cuma sekedar ikut2an. Atau mungkin ada yang tahu tapi tidak benar2 tahu detail.

    Karena perokok itu terkadang “bandel” dan ngga mau dengerin info kayak gitu. Mereka yang tahu tetap masa bodo, menutup mata dan telinga.

    Nah, dengan otoritas om sebagai pimpinan, om punya kuasa untuk memaksa mereka mendengarkan informasi2 itu. Siapa tahu dengan terus menerus dikasih pemahaman rutin (jadi kayak semacam pengajian), mereka bisa semakin mengerti dan sadar.

    Iman juga harus ditebelin om. Karena ada temenku, begitu dia paham alasan kenapa rokok itu haram, dia langsung seketika berhenti. Ga pake mikir2, ga pake ntar dulu, ga pake sedikit demi sedikit. Dan sampe sekarang alhamdulillah dia bisa bertahan.

    Tingkat iman dan taqwa seseorang juga punya pengaruh besar.

    • lambangsarib says:

      Eh… Rokok itu haram bagi sebagian orang loh, sebagian yang lain tidak mengharamkannya.

      Penyuluhan kayaknya nggak mempan deh. Entah bagaimana yah….

      • utie89 says:

        nah iya, dia termasuk yg menganggap rokok itu haram, makanya langsung berhenti.

        bagi yg engga menganggap haram pun, kalau dia imannya bener, harusnya dy ga mau mendzolimi dirinya sendiri maupun orang lain, apalagi keluarganya.

        begitulah simplenya pemikiranku.😀

        yaaa… memang sudah habis cara lah.😦
        -_-

      • lambangsarib says:

        hehe…, ya sudah nanti cari misua yang nggak merokok aja.

      • utie89 says:

        :mrgreen:
        pastinyaa oom😉

  5. nyonyasepatu says:

    Diganti permen mas pas pengen merokok

  6. Erit07 says:

    Sulit bnget itu,apalagi yang sudah ketagihan…

  7. kebomandi says:

    mungkin selain diberlakukan pelarangan merokok juga harus ada pencerdasan buat mereka juga mas lambang. cmiiw

  8. pasang poster2 bahaya merokok mas,
    bukan yang sekedar tulisan normatif kayak di bungkus rokok, tapi foto2 efek2 merokok (gambar gigi rusak, paru2 kanker, dll)
    ato dibahas dari sisi keuangan, rokok sebungkus kan 10rb an, x30 hari uda 300rb, itu duit segitu keluar cuma buat hal gak guna seperti merokok kan mubazir

  9. abi_gilang says:

    Kalau pertanyaan seperti ini akang angkat tangan deh🙂 soalnya mau ngasih alasan kesehatan banyak dokter2 yang juga masih kecanduan rokok, mau ngasih alasan agama juga nggak kurang guru2 ngaji yang belum berhenti menjadi “ahli hisap”, mau alasan ekonomi faktanya perokok itu hadir di setiap kalangan baik kaya atau miskin. Jadi akang lebih fokus kepada lingkungan keluarga sendiri deh agar terbebas dari perokok.

  10. 'Ne says:

    Parahnya, bahkan dalam ruang ber AC mereka tetap saja merokok..
    bahkan ada juga yang suka merokok di dalam toilet,
    semua kembali ke kesadaran orangnya Pak.. susah juga kalau cuman dibilangin tanpa ada kesadaran mereka sendiri..

  11. afan says:

    Beban kerja turut juga mempengaruhi karakter seseorang, Laki2 biasanya mudah mencari pelarian dan dalam hal ini bisa jadi pelariannya adalah rokok. Suasana kerja yang nyaman dan bersahabat bisa lambat laun mengurangi kecanduan, indikatornya bila nyaman berlama2 di ruangan ber-AC berarti ada potensi untuk berhenti merokok. Apalagi kalau sudah ada yang berhasil berhenti merokok bisa jadi “marketing” buat promosi bebas rokok.🙂

  12. Assalaamu’alaikum wr.wb..Bos Lambang apa kbr……sy sll semangat kl yg dibahas ttg rokok. Pasalnya sy tuh gemes bnget sm yg namanya rokok. Dl srg jd tukang colek di metromini kl ada yg rokok dekat sy duduk. ..Hal paling sulit menasehati orang utk berhenti merokok..Sy ada ide simple…gmn kl pas lg istirahat,..ngobrol santai dgn karyawan ditny aja : . ”…kl ada anak / istri mrk merokok kira2 ridho enggak ?? ( kl yg msh bujang, ya tar dipikir lg idenya..hihihi ). kl jawabannya enggak ridho, Bos tinggal balikin…menurut sy, anak dan istri kalian jg enggak ridho kalian merokok. krn merokok itu lbh byk mudhorotnya drpd manfaatnya..cara lain adl. Tulis dan tempel didinding ( stlh dipress/laminating biar awet ) salah satu ayat ( yg mnganjurkan kita memakan yg halal dan baik, dan perintah meninggalkan sgl sesuatu yg buruk, bahkan bersifat mendholimi dr sendiri ( dlm hal ini kan merokok ya ) dan itu hukumnya jd haram….
    Semoga bermanfaat Pak Bos
    Wassalam wr.wb

  13. mbok ya diajarin Bos…nulis di blog itu gmn…smntra kulkas msh pnh cabe, ya fb ne wat nemenin dl…hihihi..salam buat ibu n putri tercinta ya Bos…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s