Sri

Dengan segala kerendahan hati, harus diakui bahwa Sri adalah orang yang memperkenalkanku pada   buku buku  motivasi. “Memang mahal, namun membeli buku adalah investasi,” katanya dalam sebuah kesempatan.

“Tapi aku tak memiliki cukup uang untuk membelinya Sri. Mana cukup hasil jualan di Malioboro untuk membeli buku semahal ini ?” Kataku. Kulemparkan pandanganku ke buku yang kupegang. Kuangkat tanganku sedikit keatas, setinggi  bahu. Untuk  menunjukkan sebuah buku setebal kitab suci.

Sri tak menjawab. Kulirik ia sekejab dari sudut mataku yang sempit. Ia tersenyum,  sangat indah, dibalut keikhlasan. Baru kali ini rasanya,  dalam hidup  aku memandang keindahan sebuah senyum. Ingin rasanya berlama lama memandang, namun apalah daya tak sebiji zarahpun keberanian untuk itu.

“Kamu boleh meminjam bukuku, kapanpun kamu mau. Kalau suka, boleh ambil,”  Ia katakan sangat pelan, hampir tidak terdengar. Butuh indra pendengaran setajam seekor laba laba untuk mendengarnya. Mukanya tertunduk, wajahnya memerah, seolah ada rasa malu yang sangat.

Saat berbicara, Sri  tiba tiba berubah layaknya   gadis desa yang lugu. Seolah perempuan priyayi  pingitan yang terkungkung dalam tembok tinggi. Menundukkan pandangan sebagaimana umumnya perempuan  jawa di  jaman Kartini.

Menatap sekilas, kemudian menunduk lagi.  Tangannya menyodorkan   sebuah buku sambil berkata,  “ini komik bagus,  bercerita tentang “Strategi Bisnis Cina.”  Bacalah, pasti kamu suka”.

Aku terima buku berwarna biru tersebut  dan mulai  membuka beberapa halaman.  Tak sengaja mataku tertuju pada sebuah kata yang ditulis dengan font lebih besar dan bercetak tebal.  BANGUNLAH HARAPAN BESAR.  Akupun  melanjutkan membaca kata demi kata dibawahnya.

Selesai membaca selembar halaman, aku katakan, “Sri, bagus juga buku ini. Boleh aku  pinjam  ?”

Ia tak menjawab,  hanya mengangguk tanda setuju.   Matanya masih terbenam  pada deretan kata kata pada buku yang terbuka.

@lambangsarib

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in cinta and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Sri

  1. Larasati says:

    jadi indera laba laba itu tajam yah pak….oh Sri

  2. danirachmat says:

    Ada beberapa motivator blog yang saya suka folo dan salah satunya njenengan Mas.🙂

  3. ih mbak sri nya keren,,,,
    menundukan pandangan,,,,,

  4. abi_gilang says:

    Makin lama makin mengaliiiir tulisannya Pak *angkat dua jempol🙂

  5. Wong Cilik says:

    Sri … jadi ingat lagu pk …😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s