Apalah Arti Sebuah Nama

Hermawan Kertojoyo itulah namaku. Entahlah apa artinya saya tidak tahu. Saat dikonfirmasi ke orang tua, mereka pun menggeleng tak mengerti. “Itu nama pemberian dari kakemu nak, maaf bapak tidak sempat menanyakan apa maknanya”, kata bapak suatu kali.

Mendengar itu, saya langsung teringat kata kata Pramoedya, “Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun ? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari”.

Bapakku dan leluhurku…..  Andai saja  dulu  mereka  menulis, pasti aku bisa belajar banyak dari mereka.

“Bapak dan leluhurku adalah buruh tani, mana mungkin mereka menulis ? Tidak mungkin ! Mereka tidak berhak sekolah seperti kaum ningrat dan sinyo sinyo peranakan. Leluhurku tidak menulis memang, tapi mereka berjuang memerdekakan bangsa ini  !”, kata kata yang sering aku gunakan sebagai  pembenar untuk tidak menulis.

Kata legenda sastrawan dari Inggris Williah Shakespeare, “apalah arti sebuah nama”. Tentang ini pun saya termasuk orang yang lambat memaknainya.

Hanya perbedaan sebuah huruf vokal “O” dan “A”. Maka semuanya berbeda jauh, bagai bumi dengan langit.  Hermawan Kertajaya adalah orang terpandang, intelektual, pengarang buku, motivator, begawan ekonomi, begawan marketing, dan seabrek kata penghormatan lain.

Sementara saya, Hermawan Kertojoyo, bukan siapa siapa. Tak seorangpun mengenalnya, apalagi memandang dengan respek. Bekerja sebagai salesman di sebuah perusahaan kecil. Boro boro mengarang buku dan tau dunia pemasaran, pakai dasi pun tidak becus.

Salah satu kesamaan yang bisa dirunut mungkin hanya sama sama medok menggunakan bahasa jawa.  Atau nama panggilan kita yang sama, Hermawan. Selebihnya, berbeda jauh.

“Hermawan, kalau kamu bisa melampaui target penjualan, pakai mobil saya”, kata  boss yang entah sejak kapan berada di belakangku. Kata katanya membuyarkan lamunanku. Tangan kirinya menepuk pundakku, sementara tangan kanannya menunjuk sebuah mobil Great Corolla warna biru.

Saya tersenyum dan menjawab, “tidak bisa mengendarai mobil pak, belum pernah punya”.

“Bener, bapak tidak bohong. Kalau kamu memang berprestasi, tak kasih semua. Targetmu Enam Ratus Juta Rupiah. Kita taruhan, paling kamu tidak bisa”.

“Ambil saja Her tawaran itu. Masak ente kagak  berani ? Ente  pasti bisa ! Ingat buku yang kemarin kita baca di mushollah ?  You Can If You Want”.

“I believe You Can Fly”

Suara yang memotivasi itu datang dari samping kiriku. Suara khas peranakan jawa – Betawi yang sangat tidak asing lagi. Aku menoleh, dan tersenyum tanpa kata.

“Ia  Har….”, jawabku tanpa ekspresi.  Dia adalah seorang kawan, seorang sahabat dan juga manajer pemasaran di perusahaan tempat saya bekerja.

Anganku melayang. Melambung jauh pergi ke awan. Entah sampai mana, akupun tak tahu. Dua orang di kanan dan kiri saya ini adalah pembesar perusahaan. Yang dikanan adalah big boss dan owner dan yang dikiri adalah manager pemasaran, atasanku.

Tubuhku diam membisu. Susah bergerak. Kaki seakan tertanam erat dibumi.

Pandangan kami bertiga tertuju pada mobil great corolla warna biru kepunyaan boss. Tampak Ndaru, sopir boss tersenyum dari sisi mobil yang sedang dicuci. Ia mengamati kami, dan aku tidak tahu apakah mendengarkan pembicaraan ini.

“Allahu Akbar, Allahu Akbar………..”, suara Eka seolah  memecahkan bangunan es. Kebekuan ini pecah karena   suara adzan dari musholla perusahaan bergema. Kulirik Pak Boss sedang  memandangi jam tangan rolex yang melingkar di tangan kanan.

“Ayo kita sholat berjamaah”. Pak Boss berlalu, berjalan menuju musholla, kami berdua pun mengikuti dari belakang. Kami berjalan beriringan bagai bebek yang mengikuti sang pemimpin kemana dia hendak melangkah. Seperti petani yang  berjalan di galengan pematang sawah.

Tujuan kami sama, yaitu menunaikan sholat lohor di  Musholla At Taqwa.

@lambangsarib

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Motivasi and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Apalah Arti Sebuah Nama

  1. afan says:

    Berharap ada cerita sambungannya🙂

  2. metamocca says:

    I can if i want, i belive i can fly😀

  3. Ceritaeka says:

    Semoga terlampaui targetnya ya mas!🙂

  4. semoga di berikan yang terbaik oleh Allah….🙂

  5. Ketakutan Hermawan Kertojoyo lebih besar dari potensi & kemampuannya🙂

  6. danirachmat says:

    sepertinya bisa tuh Mas ya tercapai targetnya

  7. nyonyasepatu says:

    Kamu bisa mas. Ganbatte

  8. nengwie says:

    Sukses ya mas Lambang..

    Bisa terbang? waahh asyik ngga perlu beli tiket pesawat hehehe..*lho..lost focus*

  9. zaki19482 says:

    Ditunggu sambungannya, akhirya jadi novel. mas Lambang pengagum Eyang Pramoedya ya? Terasa sekali…..!!!! Sekedar menganalisa

  10. mamayara says:

    Bagi saya nama itu sangat berarti, Mas. Bayangkan seandainya tak satupun manusia punya nama… apa kata dunia…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s