Kebaikannya Menutupi Seluruh Kekurangannya

Nduk, kamu harus masuk ruangan berukuran 4 X 6 m2 ini. Nah…., sekarang duduklah disebelah bapak. Jika kamu takut, duduklah dipangkuan bapak.

Setelah tadi kamu melihat makam kakekmu, kini saatnya kamu melihat salah satu makam orang berilmu.

Ketahuilah nduk, Ini adalah makam Syaikh Maulana Syamsuddin, seorang ulama besar yang dipercaya sebagai penyebar agama Islam generasi awal di daerah Pemalang dan sekitarnya. Makam ini berada di Desa Sugih Waras, tepat di pinggir pantai Widuri.

Maaf nduk, bapak tidak bisa menceritakan lebih banyak tentang ulama ini. Bapak sudah mencoba mencari literatur dan menemui juru kunci makam ini. Namun bapak belum menemukan sumber terpercaya untuk bercerita. Yang ada hanyalah dongeng dari mulut kemulut, yang susah dijadikan rujukan untuk metulis.

Akan tetapi kelak kamu pasti bisa merasakan sendiri betapa kharismatiknya beliau. Walaupun sudah lama meninggal, namun pengaruhnya masih tampak jelas hingga kini.

Murid murid dan pengikutnya hampir setiap hari berdatangan untuk ziarah. Dari plat nomer mobilnya bapak bisa memberi tahumu bahwa mereka datang dari berbagai kota. Diantaranya datang dari Jakarta, Surabaya, Tegal, Purwokerto, Semarang dan Yogyakarta.

Nduk, kelak jika kamu sudah besar, sering seringlah berkunjung ke makam ini. Pelajari siapa itu Syaikh Maulana Syamsuddin. Tulislah itu dalam buku atau blogmu. Agar bapak dan peziarah lain bisa tahu siapa itu Syaikh Maulana Syamsuddin sebenarnya.

Agar bapak tahu bagaimana sepak terjangnya, sehingga namanya diagungkan masyarakat sekitar. Tentu saja bapak juga berharap agar kamu mengambil pelajaran dari beliau.

Bapak sangat yakin bahwa beliau itu orang biasa. Beliau pasti memiliki salah, khilaf dan cela. Namun, kebaikannya pasti sangat luar biasa, sehingga mampu menutupi seluruh kekurangannya.

Bapak yang selalu menunggu tulisanmu

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Motivasi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Kebaikannya Menutupi Seluruh Kekurangannya

  1. Akhirnya saya berselancar di rimba gugel mencari informasi Syaikh Maulana Syamsuddin.
    Nama yang baru bagi saya. Terimakasih sharingnya, pak Lambang.

  2. Ikakoentjoro says:

    Hmmm,, belum familiar dengan nama Syaikh Maulana Syamsuddin. Ngikut pak Iwan, googling dulu ah🙂

  3. nyonyasepatu says:

    Aku gak pernah denger mas. Skr jadi penasaran deh

  4. Ely Meyer says:

    Baru tahu pak ttg Syaikh Maulana

  5. Ilham says:

    saya jadi ikut penasaran sama nama itu. ini yang bisa saya temukan mas:
    http://tcolehuda.blogspot.com/2011/01/syech-wasil-syamsudinsiapa-dia.html
    kira2 bener/sama gak ya dengan yang dimaksud diatas?

  6. danirachmat says:

    suka banget sama penutupnya Mas.. Bapak yang menunggu tulisanmu..🙂

  7. obenk says:

    Assalamualaikum wr.wb. mau berbagi cerita tentang kearifan dan keMasyhuran SYECH MAULANA SAMSUDIN.
    Syech maulana samsudin adalah mualim yg sedang dalam perjalanan (misafir) yg singah dan pernah mnyebarkan syiar islam dipelamang, khususnya di pesisir pantai widuri. Singkat cerita Syech samsudin disukai oleh perempuan stempat yg bernama nyai widuri, krna beliau msih ingin trus mesyiarkan agama islam beliapun menolak u/ diajak menikah. Akhirnya Syech samsudin memutuskan u/ mlanjutkan prjalananya, saat mau pergi dihadang oleh nyai widuri merayu dan membujuk beliau agar ttap tinggal di pedesaan tanjungsari. Akan tetapi dgn tekatnya akan trus mnsyiarkan islam syech smsudinpun pergi dgn rasa kecewa Nyai widuri karna kesal meneriaki beliau syech samsudin sebagai perampok, dgn spontan para warga memukuli smpai beliau wafat.setelelah warga mengetahui bhwa org yg dikira perampok tsb warga pun mnyesalinya dan menguburkan di daerah tsb. WaliAllah yg satu ini benar2 ulama yg zuhud dan ternyata yg meningal tsb bukanlah Syech maulana samsudin yg asli melainkan jelmaan dari beliau, beliau meneruskan perjalananya sampe di sebuah desa di kab.tegal beliau menetap sampai meninggal dan dimakamkan di daerah sekitar. Warga skitar percaya bahwa syech maulana samsudin adl seorang Wali sampai saat ini makamnya sering di datangi para peziarah baik warga sekitar maupun peziarah yg dtg dr luar daerah. sekarang dikenal sebagai MBAH SEMEDO Tegal. Googling aja MAKAM MBAH SEMEDO tegal. Terimakasih semoga Allah senantiasa merahmati kita semua.
    Wasaalam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s