Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Nduk, semalam sekitar jam  duabelas  kamu tiba tiba terbangun dan menangis sejadi jadinya. Ibumu mencoba menenangkanmu dengan memeluk dan menggendong. Bapakmu dengan agak malas malasan ikut bangun untuk sekedar menemani dan membuatkan sebotol susu kesukaanmu.

Bapak ingat bener nduk, bahwa susu yang kamu konsumsi  mesti empat sendok susu ditambahkan kedalam  120 cc air hangat. Pernah suatu saat airnya bapak tambah nduk, harapannya agar tidak cepat habis. Eh…. ternyata ibumu marah dan mengatakan kalau kebanyakan air maka  susu menjadi  encer dan kamu mencret.

Sejak saat itu, kata kata ibumu bapak anggap sebagai kebenaran mutlak. Kata kata ibumu bapak pegang teguh setara dengan kata kata para  nabi.

Nduk,…. apakah kamu sengaja bangun untuk menyaksikan  pergantian hari ? Pergantian  dari hari rabu ke hari  kamis tanggal 24 Januari 2012 Masehi, bertepatan dengan hari pasaran  pon,  tanggal 12 Robbiulawal 1434 Hijriyah.

Hari ini adalah salah satu hari besar Islam yang sering disebut dengan  maulid nabi.  Dalam bahasa Arab, maulid dimaknai sebagai hari peringatan Nabi Besar Muhammad SAW.

Nduk, kelak disaat kamu sudah memahami tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad, bapak mengharap kamu tidak terjebak pada perdebatan antara bid’ah adan sunnah yang tidak berujung. Kalau kamu membawanya ke wilayah ini, maka kamu akan sibuk menyalahkan dan mengkafirkan saudara saudaramu yang lain. Ketakutan bapak adalah kamu lupa akan kewajiban dan misimu di dunia.

Ingat nduk, sebaik baik manusia buakan yang mengatakan bahwa maulid adalah “sunnah” atau “bid’ah”. Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana mungkin kamu akan bermanfaat bagi orang lain ? Bagaimana mungkin kamu bisa menginspirasi orang lain ? Jika “mengkafirkan” seseorang itu  begitu mudah keluar dari mulutmu. Jangan ya nduk……

Kamu juga tidak perlu mengikuti arus perdebantan antara sahabat sahabatmu yang merayakan maulid nabi di tanggal 12 Robiulawal dengan sahabatmu lain yang merayakan maulid nabi di tanggal 17 Robiulawal.

Berjanjilah nduk, bahwa mencari persamaan itu lebih bermakna dibanding mencari sedikit perbedaan yang ada.

@lambangsarib

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

  1. hilal says:

    sebaik baik manusia buakan yang mengatakan bahwa maulid adalah “sunnah” atau “bid’ah”.

    Ini dahsyat, pak😉

  2. Allahummashalli a’la Muhammad

  3. Semoga Akhlaq dan ajaran Muhammad SAW bisa kita teladani. Amiin

  4. genthuk says:

    dan mencari persamaan itu lebih menantang, lebih sulit, lebih berpahala insya Allah.

  5. j4uharry says:

    Katanya perbedaan adalah “rahmat”

    tapi perbedaan yang seperti apa ya ???

  6. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد و على آله وصحبه أجمعين

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s