Lagu Anak Anak Entog Entog Tak Kandani

Ingat  dengan nama Yohan Tanamal ? Hayo…. yang merasa tahu tolong ngacung, biar langsung ketahuan umur sebenarnya.

Kalau nama itu dikenal dengan baik tentunya yang bersangkutan seumuran dengan saya. Kalau gak kenal berarti adik saya, hihihihi…… Tebak tebakan yuuuk.

Di era akhir tujuh puluhan hingga awal tujuh puluhan nama Johan Tanamal dengan albumnya yang berjudul “Kata Papa Kata Mama & Peyot²” sedang booming. Hampir semua anak anak waktu itu suka banget deh mendengarkan.

Bagi yang memiliki tape recorder, pasti merengek untuk dibelikan. Seperti saya waktu itu, yang merengek sampai berjam jam menangis hanya untuk kaset tersebut.

Jika memang tidak memiliki tape rekorder tentu saja radio “RRI – Gagak Rimang” satu satunya media untuk menikmati. Karena memang waktu itu  televisi masih menjadi barang mewah, internet dan CD baru sebatas mimpi.

Kita sangat mengapresiasi pekerja seni kala itu yang dengan berani memberikan hiburan mendidik dan kembali ke akar budaya negeri sendiri. Lagu “mentog mentok”  ini benar benar   luar biasa.
Mentog mentog…rungokno yo tok…tak kandani

Mentog mentog, tak kandani
Sak solahmu, angisin-isini
Mbok ya ojo ngentok ono kandang wae
Enak enak ngorok ora nyambut gawe
Mentog mentog wong mlakumu megal megol gawe guyu

Wong mlaku wae…kok megal megol..to tog
Yo ben to jago…wong mlakuku pancen kaya
ngene…hii…hii…
Saiki tak kandani yo rungokno

Jago jago tak kandani
Sak solahmu angisini-isini
Aja klubak klubak opo wedi banyu
Aja krubyak krubyuk ayo tut no aku
Jago jago gek mentaso aja umuk demen mada

Ciloko aku
Mulane, kowe aja umuk jago
Lakuku pancen elek, ning aku rak isolangi

Bagi yang belum pernah dengar, silahkan menikmati saja yah…..

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Lagu and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

36 Responses to Lagu Anak Anak Entog Entog Tak Kandani

  1. ndin says:

    wah jadi inget masa kecil pak😀

  2. metamocca says:

    Yoan Tanamal saya taunya pas dia terjerat narkoba,Om.
    pas jadi penyanyi cilik, saya belom lahir.😛

  3. ryan says:

    Baru denger baik Yoan-nya maupun lagunya…

  4. Anatar ingat gak ingat. Sepertinya masih kalah populer dibanding ABC, Adi Bing Slamet – Bobby – Chicha Koeswoyo

    Ngomong-ngomong, sampai sekarang saya masih nyimpen lho kasetnya Chicha, yg albumnya: “Nusantara”.

  5. lieshadie says:

    Ngacung ah !!! tau kan umur saya berapa ? sepantaran sama Yoan kayaknya..hahaha

  6. 'Ne says:

    tahu lagu ini tapi tak pernah tahu lagu lengkapnya😀

  7. chikuwiw says:

    dari kecil,baru kali ini denger lagunya om…:D. kasian anak sekarang ya ga punya lagu kanak2 mereka..jadi tua sblm wktunya heuheuheu

  8. mintarsih28 says:

    mentog mentog aku pentas pas masih sekolah SD tuk peringatan tujuh belasan. dan ketika aku duduk di bangkau SMA dengar lagu ini hatiku berontak dan menggugat. membela sang mentog.

  9. mintarsih28 says:

    mentog mentog itu gerak dan lagu aku pentas di SD tuk peringatan tujuh belasan

    setelah di SMA dengar lagu ini aku mengugat dan berontak. tak rela si mentog diejek.
    lagune si enak tapi syairnya kasihan si mentog

  10. ada terjemahan kah? ora ngerti aku😀.

    • lambangsarib says:

      menthog itu unggas sejenis bebek, Duck atau Barbary Duck (wikipedia)

      Mentog mentog…rungokno yo tok…tak kandani
      Mentog mentog…. dengarkan ya tog… saya kasih tahu

      Mentog mentog, tak kandani
      Mentog mentog saya kasih tahu

      Sak solahmu, angisin-isini
      seluruh gerak gerikmu itu memalukan

      Mbok ya ojo ngentok ono kandang wae
      Lebih baik tidak usah keluar (menampakkan diri), diam saja di kandang.

      Enak enak ngorok ora nyambut gawe
      Eanak tidur ngedengkur tidak bekerja

      Mentog mentog wong mlakumu megal megol gawe guyu
      Mentog mentog caramu berjalan megal megol bikin orang tertawa

      Wong mlaku wae…kok megal megol..to tog
      jalan saja kok megal megol to tog

      Yo ben to jago…wong mlakuku pancen kaya
      ngene…hii…hii…
      Yo ben to jago (ayam jantan), memang begini …hii…hii…

      Saiki tak kandani yo rungokno
      Sekarang saya kasih tahu, dengarkan ya

      Jago jago tak kandani
      jago jago saya kasih tahu

      Sak solahmu angisini-isini
      gerak gerikmu memalukan

      Aja klubak klubak opo wedi banyu
      Jangan (kepak kepak sayap) karena takut air

      Aja krubyak krubyuk ayo tut no aku
      jangan grubyak grubyug ayo ikuti aku

      Jago jago gek mentaso aja umuk demen mada
      jago jogo, cepatlah keluar jangan suka pamer

      Ciloko aku
      Rugi aku

      Mulane, kowe aja umuk jago
      Makanya, kamu jangan suka pamer jago

      Lakuku pancen elek, ning aku rak isolangi
      jalan saya memang jelek, tapi aku kan bisa berenang

      Bagi yang belum pernah dengar, silahkan menikmati saja yah…..

  11. Ikakoentjoro says:

    Lagu itu sering di nyanyiin orang tua dulu pak. Tapi terus terang saya ndak tau yang nyanyiin

  12. izzawa says:

    aku nggak nagcung om,,,sama sekali nggak tau lagu ini ,,,juga penyanyinya….
    sya dengerin dulu ya om..😉

Leave a Reply

