Mungkinkah Anak Trauma Jika Ditinggal Ibu Seharian ?

Rumah sudah senyap, seolah tidak ada lagi  suara kehidupan. Hanya sesekali suara jangrik dan tikus dari belakang rumah. Suara suara itu memang yang mendominasi, maklum saja  rumah ada di bantaran kali ciliwung.

Wah….  panjang banget tuh  kalau diceritain tentang kali  ciliwung. Saya cukupkan segini dulu yah….., takut sahabat blogger malah bosen.

Dan aku bergegas menuju kamar untuk segera tidur.

Dg sangat pelan  aku buka pintu kamar. Tempat dua bidadari penghuni syurga ini terlelap. Klek…..  pintu pun terbuka, saya  masuk.

Kebiasaan keluarga kami tidur adalah dengan mematikan lampu. Jadi, kamar dalam keadaan gelap gulita.

Dengan bantuan  penerangan senter kecil  yang tergantung didekat kusen pintu, saya  sorot istri. Dengkurnya keras  berirama, berarti sedang tidur pulas. Tubuhnya dibalut selimut warna pink untuk  menghalau  hawa dingin.

Sorot lampu senter aku alihkan ke Kiky. Dan, …. deg !  Sesuatu membuatku kaget !

Anak itu  diam saja  dan  saya pikir sudah tidur seperti ibunya. Namun matanya belum terpejam  mengamati seluruh gerak gerikku. Disaat sinar senter itu menerpa matanya, tampak sebuah senyuman manis yang  khusus  ditujukan padaku. Oh senangnya…..

Pelan pelan saya  menghampiri dan menciumnya. Sambil aku katakan  “bapak sayang …..?”, spontan ia jawab “kiky…”.

“Nduk bobok yah…., sudah malam. Itu ibuk sudah bobok, bobok yah ?”, ia pun mengangguk tanpa mengucap sepatah katapun.

Aku rebahkan tubuhkun yang capek ini  disampingnya.  Sehingga posisi kiky ada ditengah tengah. Sekali lagi saya cium keningnya, dia pun diam tak bereaksi.

Aku pura pura tidur dengan posisi mendekap Kiky. Sesekali saya melirik untuk memastikan apakah ia mau tidur atau tidak. Ah…. Ternyata  tidak mau tidur, hanya diam membisu seribu bahasa. Matanya masih tetap “mentheleng”.

Saya tidak tahu arti ini semua. Sebenarnya  ingin bertanya  apa yg ada dibenak hati dan fikirannya saat ini. Namun bagaimana bisa menanyakan sesuatu ? wong ngomong saja ia belum fasih.

Hingga  saya tak ingat apa apa lagi…….  Saya tidak tahu kapan  kiky tidur. Barengan, sebelum atau sesudah saya ? tidak ada jawaban yang pasti.

Maafkan bapak ya nduk…., tak kuat melawan kantuk untuk menemanimu begadang.

********************
Pagi ini saya bangun dengan perasaan fresh, kulihat anakku masih terlelap hingga jam sembilan pagi. Ah putriku, apakah kau tidur terlalu larut ? Atau bahkan kamu tidak  tidur ? Sebenarnya apa yang kamu pikirkan nduk ? #hiks…..

Kejadian semalam masih saja menghantui pikiranku. Saya ceritakan hal ini  pada istri, dia  menggeleng tak mengerti jawabnya.

Aku mencoba berandai andai dan menebak,  apa  kira kira penyebab kejadian semalam.

Satu hal yang kuingat adalah  seharian kemarin anakku ditinggal  pergi ibunya. Ini adalah  kejadian pertama kali dimana  istriku meninggalkan anaknya dirumah seharian. Mungkinkah ini penyebabnya ? Mungkinkah ini ? Hm…….

Apakah ….?

Mungkinkah …..?

Apakah mungkin anak sekecil ini memiliki rasa kehilangan yang sangat ? Sendirian dirumah,  seharian tanpa ibu, bisa  membuatnya trauma ? Trauma itu  menyebabkan ia tak mau tidur ? takut kalau bangun nanti sang ibu telah meninggalkannya lagi seperti kemarin ?

Sebegitu panjangkah logika berfikir seorang  anak balita ? Ataukah saya yang terlalu banyak melamun dan berandai andai ? Menggabungkan dua hal berbeda yang sama sekali tidak berhubungan ?

Entahlah, saya sama sekali tidak tahu. Adakah rekan blogger yang memiliki opini tentang hal ini ?

Terimakasih sebelumnya yah…. ?

.

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

58 Responses to Mungkinkah Anak Trauma Jika Ditinggal Ibu Seharian ?

  1. Belum berpengalaman pak😀

  2. ~Ra says:

    Selama badannya nggak demam kayaknya nggak perlu dikuatirkan kan Om?
    😀

  3. Ilham says:

    wah coba ditanyakan ke ahlinya mas.

  4. yeye says:

    Ga tau mas, coba tnya kiky nya mas biar jelas🙂

  5. chrismanaby says:

    Emmm,… bisa juga tuh pak, krna dia nggak mau pas bangun ibunya sudah tidak ada disampingnya, krna anak kecil pling dekat dengan ibunya😀

  6. cumakatakata says:

    wah, kulo nyimak mawon Pak….

  7. ndin says:

    bisa jadi pak, kejadian2 yg dialami anak terekam dalam memory bawah sadarnya …

  8. metamocca says:

    Sama kaya Keke Om.

    Waktu itu Keke ga mau tidur siang, padahal Dedenya udah mimpi kemana-mana. Pas saya tanya, “Keke kenapa, kok ga tidur – tidur, ini udah siang loh.”

    Dia jawab,”Nanti kalo Keke bobo, Mama ‘nggih”
    (Pergi mksdnya)

    Asli! Langsung saya peluk, Om.😦 ngerasa bersalah.

  9. 'Ne says:

    hmm kurang paham juga Pak hehe

  10. lieshadie says:

    anak kecil tuh, malah cara berfikirnya di luar perkiraan kita lho Pak…

  11. Larasati says:

    mungkin iya pak, soalnya ponakan larass dulu juga gitu tapi penyebabnya beda, kalau ponakan larass tuh pas tidur siang nah biasanya tidur siang dikeloni ibune nah kalau dah tidur biasane ibune pergi bwt kerja…sengaja kerjanya nunggu anak tidur siang dulu dan bangun2 si anak gak nemuin ibunya dan sekarang si anak gak mau tidur siang ampe sekarang alasannya “ntar mama pergi” begitu hehe tapi entahlah…dunia anak kan sendiri2 yah pak lambang🙂

  12. danirachmat says:

    Bisa jadi Mas, anak saya waktu ditinggal Ibunya ke lapangan juga gitu setelah ketemu sama ibunya..

  13. mintarsih28 says:

    jadi ingat masa dulu pas saya mau ngajar lagi betapa anak anak saya merasa kehilangan. kata budenya mereka anteng di rumah tak ceria. begitu saya pulang wajah mereka plong tur sumringah. maklumlah selama usia 0 smpai 5 th belum pernah saya tinggal untuk ngajar, fokus membimbing mereka.

  14. mruhulessin says:

    Biasanya sih kayak gito om karena anak masih dalam stadium ‘kelekatan dengan ibunya’. Mungkin tingkah laku seperti diatas merupakan salah satu bentuk protes sang anak waktu ditinggal pergi. Tapi dengan intensitas perjumpaan yang seperti semula, keadaan nnt akan seperti semula lagi kok.🙂

Leave a Reply

