Anak Umur Setahun Ternyata Sudah Mampu Mengingat, Berhati Hatilah Sobat…..

Dalam tulisan singkat ini saya ingin mengucapkan terimakasih banyak pada sahabat blogger  ely meyer berkenaan dengan artikel privasi blogger dalam meng upload sebuah  foto. Tulisannya cukup bagus, lugas,  dalam  dan sangat menginspirasi.  Hal senada juga terucap buat  sahabat blogger cumakatakata yang membantu saya mengedit foto foto.

Contoh  editing  foto,  untuk kali pertama ini saya mencoba upload dua gambar. Bukan hanya contoh editing yang saya unggah, melainkan pula ada sedikit cerita bersamanya.

Hari sabtu kemarin saya bersih bersih gudang kantor. Banyaknya barang teronggok di sudut sudut gudang membuat seremoni bersih  bersih hampir seharian baru kelar.

Barang yang masih bagus tentu saja disimpan untuk dipergunakan kembali kelak jika membutuhkan. Buku buku, koran dan majalah yang masih layak dibaca dikirim ke Perpustakaan Komunitas Jendela untuk menambah koleksi. Sementara barang yang tidak bisa digunakan lagi masuk ke tong sampah atau dijual kiloan sebagai barang loak.

Disaat sorting  barang tersebut, saya menemukan sebuak stetoskop masih dalam kerdus aslinya. Itu tandanya barang tersebut masih baru. Saya mencoba cek,  ternyata masih bagus dan berfungsi normal. Setidaknya itu menurut saya sebagai orang awam bidang kedokteran loh ya….

 

Dalam sekejap tiba tiba fikiran  langsung tertuju  ke Kiky bidadariku dirumah. Kira kira dua tahun yang lalu ia pernah dirawat di RS Menteng selama delapan hari karena mengidap sebuah penyakit.  Saya berfikir, apakah kira kira ia ingat akan fungsi  alat ini ? Sebuah alat yang selalu dibawa dokter  saat mengunjunginya  selama mondok  di rumah sakit.

Saya ingin sesegera mungkin memberikan alat ini ke Kiky, untuk melihat responnya.

Sesampai dirumah saya berikan stetoskop yang masih  dalam tas aslinya berwarna biru. Kebetulan saat itu ia sedang menonton serial televisi “timmy time”. Begitu asyik dan seriusnya  melihat televisi, tas biru itupun diacuhkannya. Saya pun hanya menghela nafas dan  meninggalkan Kiky yang sedang asyik dengan dunia dan imajinasinya sendiri.

Hingga tiba tiba malam itu ………..

Jpret !!!!, ….. Alhamdulillah akhirnya momen sesaat ini bisa diabadikan dengan baik dalam sebuah foto.

 

Ternyata ingatan anak akan sebuah kejadian  hampir dua tahun yang lalu masih melekat erat. Tidak ada yang menyuruh, tidak ada yang mengajari, kejadian ini terjadi begitu saja. Diambilnya stetoskop, kedua ujungnya diletakkan di kedua telinga dan digunakan seolah ia adalah seorang dokter  yang sedang   memeriksa pasien.

Ia berimajinasi  sebagai seorang dokter lengkap dengan stetoskopnya. Sedangkan pasiennya  adalah boneka kucing kesayangan. Sambil memegang perut boneka kucing di tangan kiri dan ujung stetoskop di tangan kanan ia berucap, “buk, pusnya tatit”.

Luar biasa…..

Maaf, saya bukan hendak mengatakan Kiky luar biasa. Yang ingin saya katakan adalah bahwa balita umur setahun pun ternyata  sudah mampu mengingat. Oleh sebab itu berhati hatilah dihadapan anak.

Adakah kenangan anak anak anda di tahun pertama usianya ? Apakah mereka juga mampu mengingat ingat sebuah kejadian ?

.

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in Kiky and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

33 Responses to Anak Umur Setahun Ternyata Sudah Mampu Mengingat, Berhati Hatilah Sobat…..

  1. chris13jkt says:

    Betul, karena belum bisa menyaring, apapaun akan ditangkap apa adanya oleh balita kita. Jadi ya memang harus hati-hati selalu, dalam berucap maupun bertindak.

  2. danirachmat says:

    Sering baca kalo masa keemasannya anak kan memang masa-masa itu ya Mas?

  3. metamocca says:

    Iya, bener Om. Memang anak2 ditahun-tahun pertamana otaknya bekerja di saat yang paling baik.

    Keke juga punya ingatan yang kuat. Dia hafal daerah-daerah yang pernah dikunjungi, saat berkunjung ke tempat itu lagi, dia bisa cerita yang dulu.

    Sekarang, dia punya imajinasi yang baik, semua kejadian yang dia alami, atau sekedar cerita sebelum tidur, bisa dirangkai jadi satu jadi sebuah cerita baru.

    hihihih.. mungkin passion-nya nanti mau jadi pengarang :p

  4. Ely Meyer says:

    Wah … ada namaku di sini, terima kasih banyak ya mas linknya🙂

    aku malah baru tahu kalau anak setahun sdh dapat mengingat mas, luar biasa ya🙂

  5. pitaloka89 says:

    Persiapan ilmu buat jadi ibu.
    Terima kasih pak…🙂

  6. cumakatakata says:

    Wah, itu nama blog saya ya #kucek2 mata

    suwun linknya ya Pak…

    Brati memang sedini mungkin untuk mengajarkan kebaikan ya Pak….

  7. Hepi says:

    Dalam disiplin psikologi tidak dpt diketahui dg pasti usia brp anak memiliki ingatan jangka panjang walaupun bbrp psikolog ada yg menyatakan usia 10-14 thn. Ada jg yg mengatakan 6 thn. Namun blm ada psikolog yg menyatakan anak umur 1 thn dpt memiliki ingatan jangka panjang. Mungkin peristiwa yg diceritakan itu bukan krn daya ingatnya.

    • lambangsarib says:

      TerimKasih atas masukannya. Kebetulan saya hanyalah seorang ayah dg latar belakang pendidikan wksakta.

      Apakah di usia golden age mereka tak mampu mengingat jangka panjang. ?

      Saya sendiri masih ingat beberapa moment saat balita. Tak banyak memang.

  8. yani says:

    Sekarang ni umur saya 35 tahun,dan masih ingat betul kejadian -kejadian wkt msh berumur 2 th,apakah anda smua jg mampu mengingat wkt anda masih berumur 2 ato 3 thn??sebab smua teman yg saya tanya,rata-rata menjawab tdk ingat.

Leave a Reply

