Sedikit Tentang Batik Mbloro

Adakah sahabat blogger yang tau kabupaten mbloro ? Kalau belum tahu coba deh di lihat di peta jawa atau minta bantuan  mbah google map, saya yakin “mbloro” tak bakal terlacak.

Kenapa tidak menemukan mbloro  ?

Karena mboro adalah bahasa jawa yang hanya dikenal orang di daerah tersebut dan sekitarnya. Bahasa Indonesianya Kabupaten Mbloro adalah Kabupatan  Blora. Nah, kalau kata blora pasti banyak yang tahu.  Mbah google pun pasti  dengan mudah bisa membantu.

Blora adalah sebuah kota kecil, tandus dan tak terkenal sama sekali. Bahkan kota ini hampir hampir tak terlacak di peta Jawa Tengah. Walaupun begitu, kota ini memberikan kontribusi yang tidak sedikit ke negeri ini. Samin Surosentiko, LB. Murdani, Harmoko dan Pramoedya Ananta Toer adalah tokoh tokoh besar  asli  daerah ini.

Termasuk dalam kategori kota tertinggal dan terpelosok. Blora mungkin satu satunya kota di Jawa Tengah yang seluruh wilayahnya dibatasi oleh hutan jati. Oleh sebab itu maka kota ini dikenal sebagai penghasil kayu jati terbesar.

Apa ada yang pernah dengar Batik Mbloro ?

Saya yakin sahabat bloger pasti kan mengernyitka dahi tanda tak pernah dengar Batik Mbloro. orang biasanya mengenal batik Pekalongan dan Batik Solo. Memang kalau dibandingkan kedua kota tersebut, Batik Mbloro tidak ada apa apanya. Batik Pekalongan dan Solo sudah terkenal hingga ke mancanegara. Sedangkan batik Mbloro, orang mbloro pun belum tentu semua tahu.

Batik Mbloro memang baru dalam beberapa tahun terakhir ini mulai dikenalkan. Itu pun hanya sebatas home industri dengan karyawan antara 5 hingga 10 orang saja. Namun demikian batik di sini memiliki prospek yang sangat menggembirakan. Karena ternyata batik mbloro memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

 

Tas batik mbloro sebagai souvenir akan diberikan cuma cuma. Motonya  adalah “batik mustika blora – lestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa”. Mustika itu singkatan dari Maju Unggul Sehat Tertib Indah Kontinyu Aman”.

 

Batik Mbloro  selalu didominasi oleh  warna warna cerah, kontras dan tegas. Karena memang masyarakat blora dikenal sebagai masyarakat yang keras dalam memegang  prinsip. Motif yang paling banyak dikembangkan adalah motif  semak semak yang menjalar dengan bunga berwarna warni. Sedangkan corak daun sangat diinspirasi corak  daun jati.

Kenapa corak semak dan daun jati dipilih ? Mungkin karena kedua tanaman itu paling banyak dijumpai di daerah ini.

 

Motif Batik Mbloro yang lain adalah seperti gambar di atas. Mungkin motif ini  diinspirasi oleh  keris (gaman) atau ukir ukiran kayu jati (mohon maaf kalau salah, karena saya bukan ahlinya). Namun yang pasti warna yang di ambil adalah sama, warna warna cerah yang tegas.

Nah, bagi sahabat bloger yang membutuhkan PIC bisa kirim email ke saya. Kebetulan teman saya sekolah sewaktu SMA dulu adalah salah satu pengrajin bernama  Mas Djoko. Semoga dia bisa memberikan discount yang menarik. Hehehe…. promosi ya…

 

.

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in intermezo and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to Sedikit Tentang Batik Mbloro

  1. Aku jadi teringat, waktu kos dulu pernah satu kosan sama anak blora. Anaknya halus sehalus batik mbloro….

  2. Ely Meyer says:

    cantik ya mas motif batiknya🙂

  3. SanG BaYAnG says:

    Batik yang berkembang di daerah-daerah tertentu, memang lebih sering mengangkat aset dimana dia berada. Seperti yang pernah saya kunjungi di Talun Ombo-Wonosobo dulu. disana juga mengangkat motif daun carica (sejenis pepaya). Masih banyak lagi di tempat lain seperti Batik Banaran, Bati Tempursari dan batik daerah lainya.

    Semoga kekayaan ini akan tetap terjaga sebagai warisan budaya kita ya Pak..🙂

  4. ndin says:

    yg diinget sama mbloro, mampir mesjid ga ada airnya😀

  5. yah, yang pasti setiap daerah punya ciri khas msing masing, termasuk soal batik. Bener? saya orang makassar so nda tau tuh daerah mana tuh mbloro heheh

  6. danirachmat says:

    Bagus Mas batik Mbloro nya. Apalagi yang warna biru di poto kedua itu..

  7. Ikakoentjoro says:

    Diskon? Boleh juga tuch😀

  8. yeye says:

    batiknya bagus yah mas, seneng liatnya🙂

  9. chrismanaby says:

    Saya sering denger kota Blora, krna lumyan dkt sma kota Nganjuk (kampung aku :D) tapi baru ngeh kalo ada batik Blora

  10. lieshadie says:

    Bagus niiiiiyy…coba tulisan ini di ikutkan kontes Pak…

  11. Ijin tak pakai untuk sumber presentasi ya. Terima kasih.

  12. anisa says:

    mau tanya tempat produksinya dimana? butuh untuk essay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s