Menyanyi Merangsang Otak Anak Untuk Berkembang

Salah satu hal yang membahagiakan dalam hidup adalah bercanda ria daengan keluarga. Menyanyi bersama mungkin menjadi salah satu pilihan. Bukan saja karena murah, namun juga memberi manfaat luar biasa pada anak.

Untuk menyanyi tidak perlu suara harus semerdu seorang biduan, karena memang profesi kita bukan artis. Menyanyi hanyalah sebuah hobi dan untuk bersenang senang bukan ?

Bernyanyi bersama dengan anak ternyata membawa banyak sekali manfaat. Diantaranya adalah  mampu  melatih saraf motorik pada otak kanan yang bersifat  imajinatif artistik. Artinya  otak akan terangsang untuk tumbuh berkembang. Kelak dikemudian hari  tentu saja mereka akan   mampu melihat permasalahan dengan sudut pandang  imajinatif. Konon puncak  kecerdasan seorang anak  didapat ketika sedang bernyanyi.

Saya mengamati apa yang terjadi pada anak saya ketika menyanyi. Tentunya dari sudut pandang dan  kacamata orang awam. Karena memang saya bukanlah seorang psikolog anak, bukan  dokter anak dan sama sekali awam tentang ilmu parenting.

Adalah kewajiban orang tua untuk mengajarkan anak berbicara dan memberikan pemahaman yang benar akan makna sebuah kosa kata atau kalimat. Dengan sebuah lagu ternyata hal itu  mudah dilakukan

Misalkan disaat kita dan anak  sedang bermain main atau nonton televisi. Tiba tiba ada seekor cicak  merayap diatasnya. Hal terbaik adalah mengajak menyanyikan  sebuah lagu yang syairnya kurang lebih demikian.

Cicak cicak didinding
diam diam merayap
Datang seekor nyamuk
hap… lalu ditangkap.

Dengan menyanyikan lagu tersebut, ada beberapa hal yang diajarkan pada anak.  Secara sadar kita telah memberikan pemahaman makna sebuah kalimat. Serta  menambahkan beberapa kosa kata baru dalam memori otaknyanya. Nama seekor  hewan yang jalannya merayap yaitu cicak dan seekor nyamuk sebagai makanan alaminya kita perkenalkan dan pasti akan diingat dengan baik.

Selain membawa kebahagiaan,  tentu saja menyanyi akan merangsang imajinasi dan daya khayal anak sembari  melihat obyek yang nyata.

Contoh lain misalnya disaat  turun hujan lebat. Hal terbaik yang kita lakukan adalah mengajaknya bernyanyi tentang hujan, seperti pada syair berikut ini.

tik tik tik bunyi hujan diatas genting
airnya turun tidak terkira
cobalah tengok, dahan dan ranting
pohon dan kebun basah semua.

Kira kira apa yang  dipikirkan  anak ketika diajak menyanyi bertema hujan disaat hujan turun dengan lebatnya.  Menurut sahabat bloger apa yang ada di benaknya ?

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in cinta, inspirasi, Kiky and tagged , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Menyanyi Merangsang Otak Anak Untuk Berkembang

  1. Artikel yang sangat cerdas sobat. Pendidikan pada anak memang tidak selalu pad lembaga formal. Dalam keluarga pun pendidikan senantiasa dilakukan dengan cara yang sederhana dan dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan si anak tersebut. Salam kenal sobat….

  2. Ely Meyer says:

    wah belum tahu jawabannya mas .. mungkin bisa ditanya langsung sama anaknya ?🙂

  3. midiobox says:

    Sayangnya barusan nanya anak saya belum hafal lagunya. Dan baca ini jadi inget PR lama, bikin lagu anak buat anak Indonesia. *celup-celup teh dulu cari inspirasi*

  4. Wong Cilik says:

    sependapat dengan bapak, menyanyi dapat merangsang imajinasi dan daya khayal anak …🙂

  5. Pingback: Semoga Anak Anak Dirumah Tidak Diajarkan Bernyanyi “Iwak Peyek” | Lambangsarib's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s