Selain Untuk Sholat, Ternyata Sarung Itu Multifungsi

Tahu sarung bukan ? Ternyata sarung bukan saja dikenal di Indonesia, namun juga dikenal hingga sampai ujung Afrika. Sarung memang salah satu uniform yang sering  digunakan untuk ritual sholat bagi penganut agama Islam. Namun ketenarannya menembus batas sekat agama, suku dan ras. Beberapa teman di Australia dan Eropa pun mengenal apa itu sarung berserta fungsinya.

Selain untuk perlengkapan sholat, ternyata sarung memiliki banyak manfaat yang lain. Mau tahu ? Inilah beberapa manfaat lain dari sarung.

Sarana bermain antara anak dengan orang tua atau kakaknyanya. Anak sangat senang dengan bergeledotan di sarung yang dikenakan bapaknya.

Pernah lihat sepak bola pakai sarung ? Kita sering melihatnya disaat pesta kemeriahan  Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Hampir setiap kampung merayakannya dan sepak bola sarung adalah salah satu pertandingan vavorit.

Dikampung kampung di seluruh pelosok negeri ini seringkali kita melihat ibu ibu dan juga anak gadis mengenakan sarung sebagai pengganti “kain jarit”. Memang benar bahwa kain sarung lebih nyaman dan lebih simpel digunakannya dibanding jarit.

Dikampung dan di banyak pesantren tradisional sering dijumpai orang tidur di surau. Karena surau dingin dan banyak nyamuk, dipilihlah sarung untuk menghangatkan badan dan melindungi tubuh dari gigitan nyamuk.

Ingatkah masa kecil kita dulu ketika sholat disurau ? Sering bermain ninja ninjaan ? Dengan cara penggunaan yang sedemikian  rupa ternyata sarung bisa membawa imajinasi seolah olah kita adalah seorang ninja.

Kain sarung pun sebenarnya bisa  berfungsi sebagai pengganti haduk. Anak anak dan orang dewasa di kampung sering menggunakan sarung untuk mengeringkan badan setelah selesai mandi di surau atau di kali.

Satu lagi fungsi kain sarung yang tidak mungkin dilupakan, khususnya bagi sebagian orang yang kekurangan dari segi ekonomi. Ternyata bisa digunakan untuk menahan rasa lapar.  Caranya sangat mudah, hanya dengan melilitkannya di perut. Paling tidak untuk sementara rasa lapar itu mereda.  Nanti ketika ada makanan, baik itu singkong  maupun ubi jalar, barulah kain sarung dibuka.

Adakah manfaat lain dari kain sarung yang luput dari memori saya ? Adakah tambahan dari sahabat bloger yang baik…?

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in inspirasi, intermezo and tagged , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Selain Untuk Sholat, Ternyata Sarung Itu Multifungsi

  1. Ely Meyer says:

    baru tahu aku mas sarung ternyata bisa utk nahan lapar, juga buat main bal balan

  2. pitaloka89 says:

    Buat mandi dikali, untuk yang kalinya masih bening nda seperti di Jakarta…

  3. rurimadani12 says:

    pengen ketawa baca artikel kakak😆

  4. waaa, sarung itu slimut darurat paporit kalo lagi kemah dulu pas SMA pak. hihiiiii

  5. mintarsih28 says:

    kalau kakak ku bisa menina bobokan/ ayunan si kecil karena rumah sempit

  6. riosetoblog says:

    mungkin ini satu lagi, sarung yang bisa menyelamatkan kalau kecebur di kali atau di laut, anti air, tiup jadi balon, jadilah pelampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s