Membentuk Karakter Anak Itu Mudah, Hanya Dengan Memberi Contoh.

Seorang anak adalah peniru ulung. Apapun yang dilihatnya dan apapun yang dia dengar pasti ditirukan. Secara sadar ataupun tidak, siapapun orang yang didekatnya pasti ditiru.

Jangan heran jika anak akan meniru perilaku seorang pembantu  jika dalam kesehariannya ia lebih banyak berinteraksi dengan pembantu dibanding dengan kedua orangtuanya. Minimal akan terjadi “perkawinan karakter” antara kedua orang tua dan pembantu. Kalau pembantu dirumah bagus sih Alhambulillah, namun bagaimana jika pembantu dirumah tidak sesuai dengan harapan ?

Bagaimana mungkin seorang anak dalam masa pembentukan karakter (dari enol hingga berumur lima tahun) akan mewarisi karakter kedua orang tuanya jika tak pernah bertemu ? Orang tua berangkat kantor sebelum anak bangun dan pulang kerja setelah anak tidur, ketemu dengan anak paling paling  cuma di hari sabtu dan minggu. Selebihnya dengan pembantu.

Seharusnya anak adalah aset keluarga yang mewarisi segalanya. Bukan hanya “harta” namun juga karakter dan kepribadian.

Membentuk karakter  anak tidaklah sulit, tidak perlu disuruh suruh, tidak perlu dilarang larang, hanya diteladani dan diberi contoh. Anak anak akan dengan sendirinya mengikuti apa yang dilakukan orang tua.

Gambar disamping adalah contoh bagaimana seorang ibu dengan segenap curahan kasih sayangnya terhadap anak. Saya yakin ia tak mengatakan apapun kepada  anaknya tentang gaya berpakaian, bertutur kata dan tingkah laku. Kehidupan mengalir apa adanya, tak perlu banyak kata , kecuali hanya cinta.

Lalu, cobalah  lihat beberapa foto keseharian sang  anak dalam memaknai tingkah laku yang diajarkan sang ibu.

Suatu saat ia mengambil celana panjang dan dikenakan dikepala. Saya yakin imajinasi anak ini adalah ingin meniru ibunya yang setiap hari mengenakan jilbab. Ia tetap kenakan itu karena  tidak tahu beda antara jilbab dan celana, baginya keduanya adalah sama.

Anda yang pernah atau sedang memiliki anak balita tentunya tahu apa yang ada dikepala anak itu. Betul, itu adalah pempers, yang fungsinya kita semua pasti mengetahuinya. Aku coba tanyakan ke anak ini, tentang apa yang dikenakan.  saya terkejut karena ia katakan sedang memakai “kudung”. Tentunya ingin meniru ibunya bukan ?

Tengoklah salah satu foto anak ini, ternyata dengan senang hati ia kenakan apa yang ibunya kenakan. Jilbab yang setiap harinya dikenakan ibu dia ambil dan dipakai dengan kebanggaan.

Si anak  ternyata tidak hanya meniru ibunya dalam berpakaian. Ia pun dengan banggaannya mau ikut beribadah. Nampak sekali semangat untuk “menjadi ibunya”, sehingga seluruh gerak langkah, ucapan dan perilaku ibunya akan ditiru.

Tidak sulit bukan ? Untuk membentuk karakter anak sesuai dengan yang kita mau itu sebenarnya teramat mudah. Tinggal keinginan dan kesungguhan orang tua saja. Mau atau tidak adalah sebuah pilihan dengan konsekuensi masing masing.

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in cinta, Kiky and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Membentuk Karakter Anak Itu Mudah, Hanya Dengan Memberi Contoh.

  1. Ely Meyer says:

    sependapat mas🙂

  2. Ikakoentjoro says:

    Betul pak, anak biasanya copas dari kita🙂

  3. heheeee, luctyu photonya itu. namanya anak kecil itu ya kreatifnya gak ketulungan,,..😀
    sampai ada yang bilang begini kan? “Seribu nasihat tidak akan mengalahkan satu teladan saja”
    CMIIW

  4. chrismanaby says:

    Terharu pas lihat anak2 itu pake “kerudung” versi mereka,… yang jelas mereka meniru apa yang mereka lihat,…

  5. Pingback: Alhamdulillah Mereka Berdua Berkarakter Melankolis Sempurna | Lambangsarib's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s