Lagi Lagi Penipuan Lewat Facebook Dengan Modus Jasa Kiriman

Sebelum memulai aktivitas rutin bekerja, selalu tidak bisa lepas dari  aktivitas rutin  “blog walking”.  Selain untuk menjemput ide, aktivitas ini menjadi  wahana silaturahiim sesama blogger. Ditemani bidadari kecil yang lucu, teh wasgitel harum melati dan beberapa potong gorengan dari warung di depan rumah.

Sedang asyiknya bergurau dan diskusi tiba tiba sebuah pesan dari Yahoo massanger (YM) berbunyi “ting”. “Tuh pah, tuh,,,,,”, kata putri kecil ini menimpali dengan menunjuk smart phone yang tergeletak diatas meja.

Sebuah pesan dari sahabat lama, sebut saja namanya vio (samaran loh ya….). Dilayar LCD tampak sedetan tulisan berwarna pink  :

Vio : pagi pak Lambang
Vio : apa kabar Pak ?

Oh iya, akun YM yang saya gunakan adalah akun perusahaan csm cargo.  Maklum lah, perusahaan kecil, jadi semua mesti sendiri. Hehehe….
csmcargo : baik, alhamdulillah

Vio : pak, saya boleh ada tanya sedikit, ini ttg perusahaan angkutan Pak. Bapak tentunya sudah pakar dalam masalah ini ..boleh ya Pak

Waduh…. saya dianggap pakar ? byuh byuuh….. Kayaknya si Vio ini salah alamat. Nah tuh, kepalaku membesar, dadaku membusung, setan pembawa kesombongan mulai merasuki aliran darah.  Vio……  saya orang biasa saja. Mungkin hanya sekedar sedikit tahu masalah cargo dan transportasi saja.

Pertanyaan selanjutnya ternyata membuat dahi berkerut dan sedikit serius.

Vio : apabila kami mau menuntut ganti rugi Perusahaan angkutan yang membawa barang kami, namun akibat kelalaian perusahaan tersebut barang kami rusak atau hilang. apakah ada peraturan / undang-undang yang menjelaskan berapa banyak kami bisa menuntun ganti rugi thd perusahaan angkutan tersebut pak?..
Vio : Mohon dibantu info Pak, kami sdg ada maslah dgn barang kami yang hilang.
csmcargo: peraturannya sih  10 x ongkos kirim. Itu juga susah merealisasikannya.
Vio : kalau ada dasar hukumnya, maka kami bisa berjalan dibatas koridornya
csmcargo: Mesti dilihat dulu duduk permasalahannya

Dari sepenggal cerita  ini sudah tercium aroma ketidakberesan. Aroma penipuan dengan modus pengiriman barang. Anganku melayang ke Vio, seorang yang baik, rendah hati dan gigih memperjuangkan karir di dunia cargo. Apakah karirnya sebagai salesman akan hancur  kena tipu ? Aduh kasihan ia, hiks…..

Percakapan pun berkembang lagi kearah yang lebih serius.

Vio : peraturannya ada dimana pak?
Vio : masalahnya adalah, katanya truk hilang tak berjejak
Vio : memang sudah dilaporkan ke kepolisian
Vio : tp dlm hal ini apa perusahaan angkutan gak ada tanggung jawab apapun thd kasus ini?
csmcargo : kalau masalah truk hilang, bolehlah  kita diskusi sebentar. Bisa tolong dijawab fakta sebenarnya ya ? siapa tahu saya bisa membantu.

csmcargo : kiriman kemana ?
Vio : kiriman dari jakarta ke medan dan pekanbaru
Vio : 1 mobil untuk 2 destinasi itu
Vio : lost contact.  terkahir telpon sopir sabtu kemarin Pak,  truk katanya sudah nyebrang
Vio : setelah itu tidak bs dihubungi lagi

csmcargo : Barang muatan berupa apa ? pick up barang dimana ?
Vio : barang adalah Panel LED
Vio : ambil barang dari garasi kita di cakung
Vio : lalu katanya  dibawa dulu  ke kantor perusahaan trucking tersebut

csmcargo : pakai CDD atau fuso ? box atau bak terbuka ?
Vio : pake Fuso box tertutup

csmcargo : Cari truk sewaannnya di pangkalan atau ekspedisi ?
Vio : perusahaan trucking ini sy kenal dari member csm cargo di fasebook Pak
Vio : kantor perusahaan trucking di cipayung
Vio : namanya  th***** logistics
Vio : selama ini kita juga sering pakai dia tidak ada masalah
Vio : baru ini ada masalah

Waduh,…. lagi lagi facebook, apa memang situs ini sarang penipu ya ? Saya tidak habis fikir, kenapa banyak orang tertipu  lewat media sosial. Yang pasti Facebook tidak bersalah, karena hanya sebuah media. Namun pelaku yang menyalah gunakan dan korban  yang terlalu gampang percaya adalah sumber masalahnya.

csmcargo : Aduh maaf yah….. kalau member kami bermasalah, apa pernah ke th***** logistics ?
Vio : belum pernah ke sana.. kenapa memangnya pak?
Vio : kalau melihat dr website dll, cukup reliable pak…
Vio : respon dll jg cepat pak…
csmcargo : itu problem tersendiri kalau belum pernah kesana. Kira kira itu perusahaan legal atau ilegal ? Maksud saya perijinannya  dll
Vio : saya rasa sih legal pak, krn perusahaan cukup besar pak. bpk bisa check website mereka : http://www.th*****logistic.com

Saya coba klik situs yang diberikan. Namun beberapakali mencoba ternyata alamat tidak diketemukan. Mbah gogle tidak mencatatnya. Bisa dipastikan web ini “temporary” dan sekali pakai buang. Tujuannya hanya satu, “penipuan”.

Vio : jadi gimana pak?
csmcargo : tahunya ini perusahaan legal darimana ? website bisa bikin dalam hitungan menit. Lagipula website sama sekali  tidak bisa dipakai sbg bukti delik hukum.

Dari sinilah sebenarnya pokok permasalahan dimulai. Vio hanya kenal seseorang lewat facebook. Tidak pernah berjumpa langsung, tidak pernah saling mengunjungi kantor masing masing dan tidak ada reverensi perekat hubungan. Tanpa check dan recheck, hanya dengan  melihat website (yang mungkin tampilannya bagus) ia sangat mempercayainya.

csmcargo :  halaman web sudah tidak diketemukan lagi, google tidak bisa melacak
Vio : ya kami sih ga sampe cek surat2 perusahaannya pak..

Ini adalah kesalahan paling mendasar yang diperbuat Vio. Dengan cara kerja seperti itu  maka dengan mudah orang yang mengatasnamakan jasa kiriman menipunya. Dan sekarang terbukti bahwa ia ditipu.

Saya faham, ini adalah penipuan terencana yang sangat sulit untuk dibongkar modusnya oleh  pihak berwajib. Kerja mereka rapi dan tak memberi jejak sedikitpun.

Namun sebagai teman, saya ikut  bersedih dan wajib membantunya. Jujur saja, kemungkinan untuk menemukan pelaku kejahatan ini < 1%. Saya mencoba menggali lagi apa yang kira kira bisa dijadikan pintu masuk untuk membongkarnya.

csmcargo : waktu pick up  barang  apa mereka  memberikan surat jalan ?
Vio : ada pak
csmcargo : tolong dibuka halaman belakang  surat jalan tersebut. Kalau bisa tolong di foto dan kirim kesaya. Perusahaan legal selalu mencantumkan pokok2 aturan perundang undangan yang berlaku. Termasuk klaim kehilangan dan kerusakan.

Vio : sebentar pak, saya check ke bagian garasi saya pak.
Vio : tidak ada pak
csmcargo : wah pasti nih, kamu tertipu.

Contoh surat jalan (tampilan muka).

 

Contoh surat jalan (tampilan belakang) yang selalu berisi peraturan dan syarat syarat pengiriman barang.  Di balik surat jalan selalu tercantum  barang yang diijinkan, barang yang dilarang dikirim,  serta kewajiban perusahaan jasa titipan jika terjadi  kerusakan atau  kehilangan barang

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in cargo, truk and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Lagi Lagi Penipuan Lewat Facebook Dengan Modus Jasa Kiriman

  1. Sayang sekali banyak orang yang mencari uang dengan menipu melalui media online, padahal ya namanya jaman canggih serba online kalau orang butuh sesuatu, misalnya kargo ya pasti cari info melalui internet. Untungnya kalau di Jerman selalu aman sih pak Lambang, suami dan saya beberapa kali gunakan media online untuk bertransaksi.

    • lambangsarib says:

      apa di jerman tidak ada penipuan online kayak di Indonesia yah ?

      Benar tidak yah kalau banyak rumah di jerman tidak pakai kunci ?

      • Saya sih belum pernah mendegar menganai penipuan online pak, sejauh ini aman.aman saja.

        Kalau saya sih lebih baik mengunci pintu kalau mau bepergian, tapi ada sih bbrp teman tidak pernah kunci pintu rumah, ya aman.aman saja.

  2. cumakatakata says:

    Wah, Share tentang realita….
    semoga kita bisa jeli dalam bertransaksi dengan orang ya pak.
    terima kasih telah berbagi Pak.

  3. Merlyn says:

    Nice Share Pak, ada teman saya yang mau pake Jasa Pengiriman dari CSM, Kalau Dari Jakarta-Timika per KG berapa duit pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s