Mak Yati (Pemulung) Yang Menginspirasi

Hari raya I’edul Adha atau idul kurban baru saja berlalu, banyak kenangan indah bersamanya. Dibalik kemeriahan perayaan  ibadah kurban, ada satu berita menarik yang layak diangkat dan menjadi inspirasi kita bersama. Hingga hari ini pengguna media sosial seperti twitter dan facebook masih ramai memperbincangkan. Tentang seorang dua’fa yang berprofesi sebagai pemulung inspiratif.

Adalah Mak Yati (65 tahun), begitu orang biasanya menyapa. Seorang pemulung barang bekas di kompleks masjid Al It’tihaad, seputaran perumahan elit Tebet – Jakarta Selatan. Hampir semua pengurus masjid dan jama’ah pasti tidak asing dengan perempuan renta yang satu ini. Maklum saja, ternyata ia sudah mulung di lokasi tersebut semenjak tahun 1997. Lima belas tahun lamanya ia menyusuri sudut sudut parkiran masjid untuk memungut gelas  dan botol bekas minuman kemasan.

Niat tulusnya membuat kita  trenyuh sekaligus terinspirasi. Selama kurang lebih tiga tahun lamanya setiap hari ia menabung.  Dengan sabar disisihkan hasil mungut barang bekas  kurang lebih  Rp. 1,500,- setiap harinya. Bagi kita, uang receh  segitu mungkin tiada berarti. Bahkan untuk membeli sebotol teh saja tidak cukup (Rp. 3,000,-/botol).

Konsistensinya  untuk menyisihkan hasil jerih payah memulung layak diacungi dua atau bahkan empat jempol. Semua itu dilakukan  hanya untuk satu tujuan keiklasan dan kecintaan mutlak  pada yang Maha Kuasa.  Hanya kekuatan cinta “the power of love” yang mampu melakukan ini semua.

Setalah tiga tahun berlalu, uang yang terkumpul  cukup  untuk membeli dua ekor kambing. Kecintaan pada Tuhan membuatnya mampu untuk mengikhlaskan satu satunya tabungan yang dimiliki. Bersama dua ekor kambing ia naik bajaj   ke Masjid Al It’tihaad untuk menyerahkan hewan kurban.

Seketika itu masjid di kawasan perumahan mewah tersebut dibuat heboh. Seluruh pengurus masjid datang untuk menyaksikan  kejadian  langka tersebut. Beberapa jama’ah tak kuasa manahan linangan  air mata. Sebuah  pemandangan yang tak lazim.  Seorang pemulung dengan kikhlasan luar biasa mewujudkan mimpinya untuk berkurban.

Lewat media sosial berita ini menyebar denga cepat. Twitterland dan facebooker tanpa henti  memberitakannya. Blogger juga turut beraksi dengan gaya bahasa yang berbeda. Mereka  berlomba menulis  kisah Mak Yati yang sangat menginspirasi.

Disaat yang sama sebuah stasiun televisi swasta menyiarkan sebuah  acara infotainment. Seorang  selebritis berkurban dua ekor kambing.

Sontak saja kedua berita itu bak gayung bersambut. Membuat  reaksi beragam  dari twitterland dan facebooker. Secara tak langsung mereka sedang “melakukan perlawanan” terhadap hegemoni media mainstream (televisi).

Salah satu kicauan menarik dari twitterland sengan akun @lambangsarib : “Pemulung berkurban dua ekor kambing adalah sebuah inspirasi. Artis berkurban dua ekor kambing masuk tipi. Sungguh Ironi”

Melihat bagaimana semangatnya Mak Yanti berkurban, mestinya  kita malu jika lalai.

 

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

 

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
Gallery | This entry was posted in cinta, inspirasi, Motivasi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Mak Yati (Pemulung) Yang Menginspirasi

  1. rurimadani12 says:

    kak, ini menginspirasi *.*
    btw terima kasih sudah memfollow blog saya ya kak😀

  2. katrinaedwards says:

    kisah Mak Yati kini tersebar luas dimana2 ..saya telah membacanya disuratkhabar…
    terbayang dikotak fikiran saya…begitu mulia hati dia, ikhlas berQurban kerana Allah..padahal kalau difikir2kan, nasib kita yang jauh lebih baik juga sukar seikhlas dia…

    Pasti dia insan teristimewa pilihanNya…Allah memberinya hidayahNya..🙂

    salam hangatku..

    ~ KeY

  3. violetcactus says:

    sungguh luar biasa ini inspirasinya Pak..
    sedikit demi sedikit lama2 menjadi bukit, atau apalah namanya..

  4. violetcactus says:

    hampir lupa, terima kasih buat kunjungannya ya Pak =)

  5. saya tau cerita ini awalnya dari berita televisi, sungguh luar biasa dan menyetuh hati sekali, subhanallaih😀

  6. Konselor Muda says:

    Kisah yang membuat saya merinding ,, belum pernah saya menabung sebanyak itu😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s