Sopir Taxi (Karyawan) Itu Brand Ambassador

Karyawan adalah brand ambassador, karyawan adalah  duta perusahaan. Begitulah kira kira kata yang sering didengung dengungkan banyak motivator. Baik buruknya citra sebuah perusahaan sangat tergantung dari ambassadornya, yaitu karyawan.

Karyawan adalah cerminan dari boss. Apa yang dilakukan karyawan biasanya meniru apa yang telah diperbuat pucuk pimpinannya. Jika pemilik perusahaan  baik dalam bertutur kata dan bersikap, karyawan pun sering melakukan hal yang sama. Begitupun sebaliknya,  bilamana sang pemilik perusahaan suka mengumpat, kasar dalam bertutur sapa dan arogan dalam bersikap, itu akan tercermin pada perilaku anak buahnya.

Karyawan adalah ujung tombak perusahaan. Mereka menjadi orang pertama yang bersinggungan langsung dengan pelanggan. Kesan pertama pertemuan antara pelanggan dan perusahaan yang diwakili karyawan adalah kuncinya. Jika kesan pertama bagus, maka untuk selanjutnya pun demikian.

Bagi perusahaan jasa cargo dan jasa transportasi  seperti taxi, sopir menjadi duta perusahaan terpenting. Sebuah pengalaman menarik mungkin layak untuk di share disini sebagai pembelajaran bersama.

Dalam sebuah kesempatan  saya berangkat ke kantor  menggunakan jasa Taxi. Setelah beberapa saat menunggu di ujung jalan, datanglah sebuah taxi. Dengan bergegas saya masuk.

“Selamat siang pak, silahkan duduk”,  itu kata pertama   yang terucap sambil tersenyum lebar. Saya jawab, “alhamdulillah baik pak, terimakasih”.

Mobil pun terus melaju dengan tenang.  Dari cara membawa kemudi, dalam hati saya berkata, “wah bagus nih sopir membawa mobil”. Percakapan pun berlanjut.

Sopir : Maaf pak, mau kemana ?

Saya : Ke Kemang pak.

Sopir : Baik pak saya meluncur ke kemang. Menurut bapak kita lewat mana ? Untuk menghindari macet.

Saya : Lewat mana saja pak, yang penting cepat sampai.

Sopir : Baik pak, kita lewat kuningan saja. Jam segini biasanya tidak macet.

Setelah itu saya lihat dia menekan beberapa tombol di dashboard, untuk menyalakan CD. Sesaat kemudian lagu nostalgia album Broery berduet dengan Dewi Yull pun menggema.

Kemudian ia bertanya lagi, “maaf pak, apa lagu ini berkenan buat bapak ?”. “oh iya, saya menyukai, agak digedein saja suaranya,” begitu pintaku.

Setelah melewati beberapa kelokan, ia pun menyela lagi. “Pak maaf, ini ada permen, silahkan dinikmati”, dengan senyuman ia sodorkan seplastik permen.

Sambil mengambil sebutir permen aku mengucapkan terimakasih.

Terus terang saya dibuat berdecak  kagum akan keramahan sang sopir. Permen yang ditawarkan membuat ia berbeda dengan sopir lainnya. Memang harga permen  tidak seberapa, namun kesan yang ditimbulkannya sungguh sungguh sungguh luar biasa.

Segera kukeluarkan smart phone dari saku, dan menuliskan sesuatu dalam akun twitter. Dengan senang hati aku tuliskan beberapa pujian.

Terimakasih @bluebirdgroup Sopir anda Faisal 00112673 layak diberi reward tuh.

Driver itu brand ambassador perusahaan taxi, jasa cargo dan jasa transportasi.

Memang benar bahwa sopir (karyawan) itu brand ambassador.

 

See U On The TOP

 

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
This entry was posted in inspirasi, Motivasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

