Hidup Adalah Pilihan, Bekerja Tetap Ataukah Tetap Bekerja.

Seorang teman lama mengirim sebuah pesan singkat (SMS) menanyakan perihal lowongan pekerjaan. Ia katakan bahwa saat ini menganggur karena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Perusahaan tempat kerjanya selama ini pailit, sehingga keputusan tersebut adalah satu satunya pilihan.

Saya balas SMS sahabat saya ini dengan mengatakan, “kamu mau freelancer dikantor sahabat saya ?”. “Tidak ada gajih tetap, pekerjaan bisa disambi, jam kerja bebas, namun penghasilan sangat menjanjikan”.

Beberapa saat kemudian ia menjawab, “saya ingin yang pekerjaan tetap bro…”.

Bekerja tetap atau tetap bekerja ? Sebuah pilihan bak buah simalakama.

Bagi kalangan profesional, bekerja tetap adalah pilihan yang mereka idamkan. Kepastian pendapatan gaji (berapapun itu) setiap bulan menjadi pemikat utama. Status karyawan di perusahaan bonavit adalah mimpi semenjak di bangku sekolah.

Ada sebuah anekdot menarik bahwa “begitu pastinya” gajih mereka sehingga bisa “dipastikan tidak cukup”. Bagi mereka anekdot ini tidak pernah didengar. Walaupun terbukti benar, merekapun tetap mengingkarinya.

Berbeda dengan kalangan yang berprinsip “tetap bekerja”. Mereka tak pernah mempermasalahkan gaji. Mereka tak pernah mempermasalahakn bonaviditas tempat kerja. Bagi mereka ketidak pastian adalah tantangan dan peluang.
Pendapatan mereka tidak pasti. Kadang kadang besar, kadang kadang kecil, bahkan seringkali tekor. Mereka berprinsip bahwa ketidakpastian adalah berkah.

Begitu tidak pastinya, bahkan terkadang dalam sehari mereka bisa terima gajih lebih dari sekali. Dan itu terkadang lebih dari cukup untuk hidup beberapa bulan kedepan.

Hidup adalah pilihan. Bekerja tetap dan tetap bekerja pun sebuah pilihan. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
This entry was posted in Motivasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s