Kesehatan Tubuh, Kesehatan Finansial dan Kesehatan Spiritual

Hal terpenting dalam hidup adalah kebahagiaan. Salah satu hal terpenting   untuk mewujudkannya adalah kesehatan. Oleh sebab itu menjaga kesehatan sangatlah  penting. Kesehatan dan kebahagiaan laksana dua sisi mata uang yang tak mungkin dipisah. Kebahagiaan tak mungkin didapat jika sakit. Begitupun sebaliknya,  seseorang tak akan mungkin sehat jika ia sendiri tidak bahagia.

Pendapat umum menyatakan bahwa kesehatan itu hanya terbatas pada kesehatan tubuh semata. Adapun kesehatan yang lain seringkali diabaikan dan dianggap tidak penting. Selain  kesehatan tubuh, kita mengenal pula dengan apa yang disebut sebagai  kesehatan finansial dan kesehatan spiritual. Untuk mendapat kebahagiaan yang hakiki, kesehatan tubuh, kesehatan finansial dan kesehatan spiritual mutlak diperlukan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dibutuhkan olahraga yang teratur, istirahat cukup dan pemenuhan asupan gizi yang seimbang. Tanpa ketiga hal tersebut tidaklah  mungkin kesehatan tubuh didapat.

Adapun  untuk menjaga kesehatan finansial dibutuhkan beberapa hal, diantaranya adalah :

  1. Selalu menjaga kesetimbangan cash flow. Kesetimbangan antara uang cash yang masuk dan uang cash yang keluar. Kesehatan finansial hanya bisa didapat jika arus uang masuk lebih besar dibanding arus uang keluar. Jika kondisi sebaliknya,  bisa dipastikan  kesehatan finansial  terganggu.
  2. Fokus pada  pada ”peningkatan  uang masuk” bukan pada “penurunan uang keluar”. Seberapapun uang dikeluarkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup itu tidak masalah, asal pemasukan harus selalu lebih besar.
  3. Konsisten pada  profesi yang memberikan  “penghasilan tanpa batas”. Tidaklah penting bekerja tetap, yang terpenting adalah tetap bekerja. Tidaklah penting  “branded” dan kemewahan kantor, yang terpenting adalah seberapa besar kita mendapat penghasilan darinya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan spiritual. Spiritualitas (dalam arti ibadah) sebenarnya adalah kebutuhan, bukan kewajiban.  Dengan terpenuhinya kesehatan spiritual kita bisa terhindar dari perbuatanan  yang melanggar tatanan kehidupan.  Salah satu cara yang mungkin bisa dijalankan adalah dengan sesering mungkin mengunjungi tempat ibadah, membaca kitab suci, silaturahim ke  tokoh tokoh spiritual.

Semoga bermanfaat.

 

 

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
This entry was posted in Mining and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s