Jumlah Karyawan Vs Omzet

Ketika sedang duduk di teras pisakafe sambil menikmati juz melon, saya didatangi seorang training advisor sebuah perusahaan training consultant. Dari gaya bicara dan topik pembicaraan yang ia kembangkan terlihat bahwa Nina tampak seperti orang baru di bisnisnya. Namun demikian, pembicaraan informal ini penuh canda dan mengalir begitu saja. Tak ada yang spesial dari sebuah pertemuan singkat itu.

Setelah bertukar kartu nama, pembicaraan pun dilanjutkan ke arah perusahaan yg saya pimpin. Ada satu pertanyaan yang pastinya akan selalu kuingat. Nina mengatakan, “pak, jumlah karyawannya ada berapa ?”

Saya pun tercengang, tak menyangka pertanyaan itu keluar. Saya jawab, “mbak, karyawan saya sedikit, cuma ada beberapa”. Lalu saya lanjutkan, “kalau kantor, saya ada hampir di seluruh kota kota besar di negeri ini”.

Apakah pentingnya jumlah kantor dan jumlah karyawan ?

Bagi saya, jumlah karyawan dan jumlah kantor tidaklah penting. Sama tidak pentingnya dengan berapa mobil yang saya miliki.

Omset jauh lebih penting dibanding jumlah karyawan bukan ?

Organisasi bisnis yang baik itu harus berpegangan pada hukum dasr ekonomi. Mengeluarkan sekecil kecilnya (baca : gaji karyawan, over head kantor, dll) untuk mendapatka yg sebesar besarnya (baca : omzet penjualan).

Sebaik baiknya bisnis adalah omzet besar dengan karyawan sedikit mungkin. Jika ini terjadi, sebuah bisnis disebut memiliki organisasi yang ramping. Imbasnya adalah karyawan lebih sejahtera.

Sebaliknya jika bisnis omzet kecil dengan karyawan banyak. Organisasi ini cenderung padat karya dan kesejahteraan karyawan rendah.

Semoga bermanfaat.

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

