Pernikahan Ammar Bugis, Seorang Berkemampuan Khusus

Ammar BugisMungkinkah seorang   Ammar Bugis menikah dan  memiliki keluarga yang saling menyayangi ? Bagaimana mungkin  seorang penderita penyakit “Werding Hoffmann” yang  seluruh tubuhnya lumpuh itu  menikah ?

Bagaimana ia akan menafkahi keluarganya  ? bagaimana ia mendidik anak ? bagaimana menjaga keharmonisan  hubungan suami istri ? Bla…. bla…. bla…… dengan ratusan pertanyaan yang teramat sulit untuk dijawab.

Bahkan sebelum pertanyaan pertanyaan diatas terlontar dari orang lain, Ammar pun sudah memikirkan hal itu  jauh hari. Dalam bukunya yang berjudul “Penakluk Kemustahilam”  ia menuliskan beberapa buah pertanyaan.

bagaimana saya mengungkapkan keinginan (menikah) ini  ?
Kira kira seperti apakah reaksi mereka ?
Bagaimana saya akan menjalani kehidupan rumah tangga ? Apakah saya layak menikah ?
Apakah ada perempuan yang bersedia menjadikan saya sebagai suami ?

Ketika pertanyaan pertanyaan itu diungkapkan kepada sudara dan kerabatnya,  sebagian besar dari mereka menganjurkan agar Ammar berhenti bermimpi tentang pernikahan. Mereka menganggap bahwa Ammar hidup dalam angan angan yang tidak akan pernah terwujud.

Bahkan ketika keinginan menikah itu menggelora, sering ia berfikir, “apakah saya dapat menemukan perempuan yang dapat mengerti keadaan saya dan telah siap sepenuh hati menjalani hidup bersama seonggok jasad kaku yang tidak dapat bergerak?”.

Suatu ketika pernah ia berkawan baik dengan seseorang perempuan yang masih kerabat. Perempuan itu sangat berempati dan sopan kepada Ammar. Mereka akrab dan saling menghargai satu sama lain. Sepertinya mereka saling mengagumi dan mencintai.

Ketika hal ini diutarakan pada ibu dan saudara saudaranya, tampaknya mereka tidak  menyetujui. Mungkin karena ketidaksetujuan keluarga besar itulah  kisah cinta mereka kandas.

Pernah pula  suatu kali ia mendapat sebuah email yang dikirim oleh seorang perempuan. Ia menyatakan kekaguman dan empati yang mendalam terhadap perjalanan hidup  Ammar. Email pun berbalas bak bertukar pantun, bahkan perempuan tersebut dengan tegas menyatakan siap untuk menikah. Bagaimanapun  keadaan Ammar, ia siap menerimanya.

Sebenarnya Ammar tidak ragu dan sudah memutuskan untuk menikahi gadis itu. Namun ternyata Tuhan berkehendak lain. Atas izin Tuhan,  suatu saat Ammar mengetahui  bahwa wanita tersebut mau menikah dengannya semata mata karena mengharap harta.

Untuk kedua kalinya hati Ammar terluka oleh cinta.

Dua kejadian itu membuat cibiran orang semakin menjadi.  Mereka umumnya mengolok olok dan merendahkan  seraya berkata, “siapakah gerangan gadis yang rela menerima potongan tulang seperti dirimu ?”  Ada pula yang menghina dengan berkata, “siapakah gadis yang mau menghabiskan hidupnya bersama mayat hidup seperti dirimu ?”

Ia tetap tegar dengan pendirian, harapan dan asa. Hingga suatu hari ia menemukan seorang perempuan yang benar benar menerima ia apa adanya. Ummu Yusuf adalah pelabuhan cintanya,  mereka pun menikah di Cairo – Mesir.

Didalam bukunya,  ia menuliskan tentang sang istri  pada bab My Lovely Ummu Yusuf

Inilah gadis yang menerima saya sebagai suami dengan penuh kerelaaan dan ketenangan jiwa
Inilah gadis yang mau menerima saya sebagai suami untuk menunaikan misi yang telah dimulai oleh kedua orang tua saya
Inilah gadis yang telah menerima saya sebagai suami meski mahar yang saya berikan hanya 7000 Reyal
Inilah gadis yang menerima saya sebagai suami meski begitu banyak orang yang menentangnya

Sahabatku blogerwan dan blogerwati, menikah adalah meneruskan misi dan sunah yang sudah digariskan. Menyegerakannya bisa jadi itu yang  tebaik. Seperti apa yang dikatakan Ammar Bugis bahwa,  “pernikahan sama sekali bukan mukjizat, karena Tuhan telah menciptakan belahan jiwa bagi tiap tiap orang”.

So…….. Nunggu apa lagi ?

.

.

Butuh jasa cargo murah ? via twitter @csmcargo

About these ads

About lambangsarib

Orang biasa berharap bukan biasa biasa saja. Penikmat teh WASGITEL (Wangi melati, Sepet, Legi, Kenthel) yang rindu bersilaturahim ke lapak lapak.
Gallery | This entry was posted in cinta, inspirasi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Pernikahan Ammar Bugis, Seorang Berkemampuan Khusus

  1. danirachmat says:

    Semoga saudara-saudara kita yang belum menemukan belahan jiwanya segera dibantu untuk bertemu ya Mas.. :)

  2. metamocca says:

    Ini bukti tulang rusuk yang telah diambil untuk mencipkakan sang Hawa akan kembali dan tidak akan tertukar ya, Om.
    ^^

  3. Wong Cilik says:

    Kisah hidup yang luar biasa …

  4. genthuk says:

    Menunggu yang menjemput pak,

  5. lieshadie says:

    Buat sahabat yang masih lajang…ayo segerakan yaaa…:)

  6. 9ethuk says:

    Lapor. Saya sudah Pak.

  7. fariq says:

    Ada kata-kata Ustadz Ammar yg berkesan bagi saya, “Sejak kejadian itu, saya merasa seakan-akan diri saya tengah terperosok di jalan yang salah dalam mencari pendamping hidup. Dua kejadian yang saya alami itu seolah menjadi penegasan bahwa Allah azza wa jalla tidak menginginkan saya menikah dalam usia saya saat itu dan dengan cara yang saya lakukan. Saya pun akhirnya menyerahkan urusan itu kepada Allah azza wa jalla dan bertawakal sepenuhnya kepada-Nya …” (Penakluk Kemustahilan, halaman 125-126)
    saya mendapatkan dua faidah:
    1. Tujuan yang baik harus dicapai dengan cara yang baik pula sesuai syariatNya, sehingga kita mendapatkan ridha, rahmat dan cinta Nya.
    2. Ketika kita diuji dengan kebuntuan, maka segeralah menyerahkan segala urusan kita kepada Allah dan bertawakal kepada Nya, niscaya Allah akan segera memberikan jalan keluar yang menyejukkan hati kita.
    Terimakasih pa Lambang atas artikel Pernikahan Ammar, jazakallahu khairan.

  8. Nur Anita says:

    subhanallah sosok syaikh ammar bugis yg bgitu aku kagumi ,umur 11 thn dia sudah bisa menghafal 30 juz masyaAllah , . .sungguh hebat nya perjuangan beliau .bahkan pernah kata nya menghafal 1juz sampe sehari .hemmmm

  9. Nur Anita says:

    subhanallah , , .sosok syaikh ammar bugis memang mengagumkan

  10. Dyah Sujiati says:

    Waw Subhanallah.. Menikah urusannya adalah menikah ya Pak..

  11. inspiring banget,, kalau saya segera ! amin :D

  12. Asololey says:

    yg mau d ajx nikah msh cri ilmu pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s